TIPS MEREKAM AKTIVITAS LAYAR DENGAN SCREEN RECORDER

    Home/Tips & Trik / TIPS MEREKAM AKTIVITAS LAYAR DENGAN SCREEN RECORDER
TIPS MEREKAM AKTIVITAS LAYAR DENGAN SCREEN RECORDER

TIPS MEREKAM AKTIVITAS LAYAR DENGAN SCREEN RECORDER

Posted in Tips & Trik gjlkc 0

TIPS MEREKAM AKTIVITAS LAYAR DENGAN SCREEN RECORDER

Merekam layar banyak gunanya. Jika Anda seorang Vlogger, hasil rekaman layar smartphone Anda mampu meningkatkan kualitas konten. Jika Anda seorang gamer, Anda mampu pamer level maupun skill yang Anda punya. Atau…Anda menghendaki merekam video call bersama dengan pasangan?

Salah satu aplikasi yang layak dicoba adalah ‘screen recorder’ keluaran AppSmartz. Selain mampu diunduh gratis di Google Play Store, aplikasi ini tidak memakan memori yang besar dan juga punyai banyak fitur.

6 fitur Screen recorder yakni ‘record your screen’ (perekaman layar), ‘create tutorial’ (membuat tutorial), ‘capture screen’ (mengambil skrinsut), ‘review your content’ (membuat review), ‘settings’ (pengaturan) dan ‘audio record’ (perekaman suara). Berikut tips penggunaannya.

Saat pertama dijalankan, aplikasi akan langsung berjalan di latar belakang. Itu ditandai bersama dengan icon yang terlihat di layar atas. Selain icon di atas layar tersebut, aplikasi sertakan icon mengambang di desktop yang mampu digeser posisinya. Icon mengambang ini akan menampilkan 5 fitur utama yang mampu langsung dipilih. Bila Anda mengklik menutup aplikasi (close), tarik aplikasi dari atas layar ke bawah dan pilih ‘close’, barulah aplikasi berhenti total.

Bila Anda menghendaki menghentikan saat (pause) cukup mengklik icon yang terlihat di layar. Anda juga mampu langsung berubah fitur mana yang hendak digunakan.

Bila Anda mengambil alih gambar (skrinsut), hasil skrinsut tersebut tetap mampu diedit bersama dengan menu edit gambar yang tersedia. Ada crop, draw, text, flip, rotate dan filter. Crop digunakan untuk memotong gambar. Menu draw digunakan memberikan pencil, color, dan eraser. Text digunakan apabila Anda menghendaki meningkatkan teks. Teks ini mampu digeser-geser. Tidak hanya digeser-geser, teks ini akan berada terhadap bidang empat persegi yang mampu diatur model font yang menghendaki digunakan, warna dari font tersebut dan background dari teks tersebut.

Namun… untuk mampu menggerakkan fitur ini, aplikasi mengharuskan Anda untuk memirsa iklan selama 60 detik sebelum saat mampu digunakan. Maklum, aplikasi gratis. Untuk flip, Anda mampu lakukan flip secara horizontal atau vertical. Untuk rotate, Anda mampu lakukan rotate left atau right. Sedangkan filter sedia kan pengaruh pengubah image. Tersedia original, blur, grayscale, brightness, contrast, invert, kuwahara, pixels, sepia, sketch, toon, vignette, gamma, saturation, emboss, hue, explosure, mono dan bludge. Jangan lupa untuk pilih ‘save’ setelah ditunaikan pengubahan. Setelah disimpan, Anda juga mampu lakukan share ke beraneka aplikasi, email atau jejaring sosial yang ada terhadap ponsel.

Editing mampu ditunaikan kapan saja, tidak tetap setelah Anda merekam. Kapanpun Anda ingin, editing mampu ditunaikan bersama dengan mengklik icon pemandangan. Edit image dan edit video yang ada apalagi tidak harus photo atau video yang Anda membuat dari aplikasi ini.

Semua photo dan video yang tersimpan terhadap perangkat mampu Anda edit. Tidak hanya itu, seluruh video yang tersimpan di cloud juga mampu diedit. Di cloud disini berkenaan akun gmail yang digunakan terhadap perangkat dan juga video dari beraneka sumber. Editing yang di sajikan adalah bersama dengan memanfaatkan ‘trim’ (potong). Bila hasil editing trim telah selesai dan disimpan, Anda mampu mengirimkannya langsung ke Youtube bersama dengan mengklik icon upload. Anda akan diminta untuk mengetikkan ‘title’ (judul) dari video tersebut dan memberikan ‘description’ (penjelasan tentang), dan klik Youtube Upload atau cancel apabila menghendaki membatalkan. Bila mengupload, nantinya ada pemberitahuan (notifikasi) apabila video telah selesai diupload. Namun sebelum saat itu, Andaakan diminta untuk memberikan ijin atau akses membuat aplikasi untuk mengupload bersama dengan akun gmail yang Anda miliki. Pilih ‘izinkan’. Ketikkan alamat email (akun gmail) dan password-nya.

Untuk optimalisasi, Anda mampu lakukan penyesuaian terhadap menu ‘settings’. Tersedia general settings, video settings, recording settings dan audio settings. General setting memberikan pilihan apakah akan menyimpannya di storage internal atau di kartu memori. Video settings, tidak benar satunya memungkinkan Anda untuk sesuaikan resolusi dari perekaman video, frame rate yang digunakan atau bit rate yang diinginkan.

Setelah lakukan penyesuaian, lakukan uji coba untuk meraih kualitas yang diinginkan. Anda juga mampu menampatkan rekaman kamera depan saat lakukan perekaman layar tersebut lengkap bersama dengan suara ulasan Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga :