Tips Mengasuh Anak Untuk Pasangan yang Telah Bercerai

    Home/Pendidikan / Tips Mengasuh Anak Untuk Pasangan yang Telah Bercerai
Tips Mengasuh Anak Untuk Pasangan yang Telah Bercerai

Tips Mengasuh Anak Untuk Pasangan yang Telah Bercerai

Posted in Pendidikan gjlkc 0

Tips Mengasuh Anak Untuk Pasangan yang Telah Bercerai

Berikut ini tips tepat guna pasangan yang sudah bercerai supaya tetap nyaman saat merawat anak, yaitu:

1. Bagilah masa-masa dengan proporsional.

Perbedaan yang sangat terasa untuk anak ialah hilangnya kebersamaan. Maka, aturlah masa-masa untuk merawat anak dengan adil. Apalagi anak umur 2 hingga 6 tahun masih perlu pengawasan total kedua orang tuanya.

Bicarakan dengan mantan pasangan kita soal ini supaya anak tidak merasa dirugikan. Misalnya kita yang terbit dari lokasi tinggal lama dan menyimpulkan menyewa lokasi tinggal lain, beri waktu untuk anak menginap di lokasi tinggal Anda sekitar 3 hari. Lalu, untuk waktu guna anak tetap berada di lokasi tinggal lama, yang ditinggali mantan Anda. Jumlah harinya tidak mesti sama persis sebab pengaturan tiap lokasi tinggal tangga berbeda-beda.

2. Ajak anak melakukan kegiatan keagamaan secara berkala.

Ketika sudah bercerai, tidak boleh sampai anak ikut telantar dalam urusan mempelajari ilmu agama. kita sebagai orang tua mempunyai tanggung jawab besar dalam urusan ini. Agama ialah landasan hidup manusia, maka anak butuh diajarkan mengenai agamanya semenjak usia belia.

Diskusikan dengan mantan, kapan masa-masa tepat untuk anak guna belajar agama. Misalnya untuk Anda yang beragama Islam, ajak anak salat berjamaah di masjid semenjak usianya 4 tahun. Hal ini dapat dilaksanakan setiap hari Jumat. Untuk yang beragama lain, ajak anak beribadah di gereja, pura, atau vihara masing-masing minggunya.

3. Libatkan anak dengan kegemaran seru Anda.

Setiap orang mempunyai hobi, demikian pula dengan kita dan mantan suami atau istri. Nah, di antara tips untuk merawat anak ialah mencoba melibatkan anak saat sedang melakukan kegemaran tertentu. Misalnya kita senang bertualang ke alam liar, ajak anak turut serta. Anak bakal merasa spesial dan lebih mudah melimpahkan perasaan serta pikirannya dalam petulangan tersebut.

Hal ini dapat pula diterapkan oleh mantan pasangan Anda. Jika dia senang menyaksikan konser musik atau membaca kitab di perpustakaan umum, beri saran untuk menyuruh anak turut serta. Dijamin anak kita lebih percaya diri dan tetap beranggapan positif, bahwa walau kedua orang tuanya bercerai, dia tetap punya akses untuk tercebur dalam kehidupan keseharian mereka.

Sumber : http://www.seniorennet.nl/link_andere_bezoekers_bezoeken.php?url=https://www.pelajaran.co.id