TCP IP

TCP IP

TCP IP

Komunitas jaringan komputer terbesar didunia menggunakan TCP/IP pada level protokol yang memungkinkan sistem apapun yang terhubung kedalamnya bisa berkomunikasi dengan sistem yang lain tanpa harus memeperdulikan bagaimana remote-system tersebut bekerja. Mengapa TCP/IP dan bukan protokol yang lainnya ?

TCP/IP adalah sekumpulan protokol komunikasi (protocol suite) yang sekarang ini secara luas digunakan dalam komunitas global jaringan komputer (internetworking). TCP dan IP merupakan dua protokol terpenting dalam TCP/IP disamping protokol-protokol lainnya, sehingga namanya demikian.

TCP/IP dan Internet. Pada tahun 1969 DARPA (Defence Advanced Research Projects Agency) mendanai riset dan pembuatan jaringan paket switching eksperimental yang diberinama ARPANET. Karena dinilai sukses dan banyak organisasi lain yang menghubungkan diri dengan jaringan ini, maka pada tahun 1975 ia menjadi jaringan operasional. ARPANET makin bertambah besar sehingga karena protokol yang digunakan pada waktu itu tidak mampu menampung jumlah node yang besar (NCP) maka DARPA mendanai pembuatan protokol komunikasi yang lebih umum, TCP/IP. Ia diadopsi jadi standard ARPANET 1983. Untuk memudahkan konversi DARPA juga mendanai BBN untuk mengimplementasikan protokol ini dalam BSD Unix, sehingga dimulailah perkawinan antara Unix dan TCP/IP. Sejak tahun itu term internet mulai populer, karena terjadi perubahan administratif ARPANET, yang dipecah menjadi MILNET dan ARPANET kecil, kemudian ditambah dengan bergabungnya NFS (National Science Foundation) NSFNET. Pada awalnya internet digunakan untuk menunjukkan jaringan yang menggunakan internet protocol (IP) tapi dengan semakin berkembangnya jaringan, term ini sekarang sudah berupa term generik yang digunakan untuk semua kelas jaringan, internet (i kecil) sekarang biasanya digunakan orang untuk menunjuk pada koleksi sembarang jaringan fisik terpisah yang saling dihubungkan dengan protokol yang sama untuk membentuk jaringan logic. Sedangkan Internet (I besar) digunakan untuk menunjuk pada komunitas jaringan komputer worlwide yang saling dihubungkan dengan TCP/IP.

TCP/IP Features. TCP/IP tidak tumbuh menjadi besar begitu saja, atau karena badan militer memandatkan penggunaannya. Yang terpenting adalah ia berada pada waktu yang tepat dan merupakan protokol pertama yang dapat memenuhi kebutuhan Jaringan komputer pada saat itu. TCP/IP Features :

Open Protocol Standards tersedia secara luas, independent perangkat keras komputer, Sistem Operasi, dll. Ideal untuk menyatukan mesin-mesin dengan perangkat keras dan lunak yang berbeda, walaupun tidak terhubung ke Internet.

Tidak tergantung pada perangkat keras jaringan tertentu, sehingga TCP/IP cocok untuk menyatukan bermacam-macam network, misalnya Ethernet, token ring, dial-up line, X-25 net dan lain-lain.

Cara pengalamatan bersama, memungkinkan devaice TCP/IP mengidentifikasi secara unik devaice yang lain dalam seluruh jaringan, walaupun jaringannya sebesar jaringan worlwide Internet.

Protokol level tinggi yang distandarkan (untuk konsistensi), sehingga menyediakan service user yang luas.

Meskipun model OSI sangat berguna, protokol TCP/IP tidak sesuai benar dengan strukturnya. Jadi dalam diskusi TCP/IP kita, menggunakan layer-layer model OSI dengan cara berikut

Baca Juga :