Sumber Daya Manusia sebagai Pemakai SIG

Sumber Daya Manusia sebagai Pemakai SIG

Sumber Daya Manusia sebagai Pemakai SIG

Manusia sebagai pusat dari pemikir, pemakai dan pelaksana SIG sangatlah mennetukan sukses tidaknya suatu program SIG. Sebagai satu dari tiga komponen yang menentukan yaitu : Data, System dan Sumber Daya Manusia perlu dilakukan peningkatan kemampuan / kualitas sumber daya manusia yang akan menganalisa atau memakai produk SIG agar sasaran tercapai.

Hal tersebut di atas sangat penting karena tanpa pengetahuan yang baik dan atas dasar apa dan bagaimana memperlakukan SIG tersebut, maka akan sangatlah minimum sasaran yang dapat dicapai pada program SIG itu sendiri.

Dalam hal ini manusia sabagai pelaku dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu sebagai pelaksana pengembangan proyek SIG dan sebagai pemakai produk SIG itu sendiri. Dalam hal ini akan ditekankan pada bagaimana komposisi dari satu team pembuat program pengembangan SIG dan fungsi-fungsi apa saja yang berhubungan dengan apa yang perlu dilakukan untuk peningkatan kualitas SDM bagi keberhasilan pengembangan SIG tersebut.

Komponen SIG

Banyak komponen dan faktor yang saling terkait guna dapat mengembangkan suatu program pengembangan SIG. Komponen-komponen tertentu yang perlu diperhatikan agar pengembangan SIG tersebut dapat seutuhnya terlaksana adalah :

· Pengumpulan data dan pemasukan data
· Pembentukan basis data
· Pelaksanaan Analisa dan evaluasi
· Penerapan Aplikasi dan Produk keluaran

Dari tiap-tiap komponen tersebut diatas, diperlukan manusia dengan kwlifikasi serta kemampuan yang mendalam agar pengaturan dan pelaksanaan kegiatan masing-masing komponen tersebut dapat berjalan dengan baik agar pengembangan SIG tidak terhenti di tengah jalan.

Salah satu saja dari keempat komponen di atas dibuang, maka akan terjadi ketidakutuhan pelaksanaan pengembangan program SIG tersebut. Untuk lebih mengetahui lebih mendalam apa saja yang terkandung dalam ke empat komponen tersebut diatas, dibawah ini penjabaran masing-masing komponen di berikan.
Pengumpulan Data dan Pemasukan Data

Sebelum data dikumpulkan atau dimasukkan dengan cara digitasi ke dalam basis data, perlu ditentukan suatu wadah atau dasar dari data spasial yang diletakkan tersebut kesuatu system peta dasar yang baku dan dapat dipercaya serta seragam. Jadi langkah pertamanya adalah menentukan peta dasar yang akan digunakan sebagai acuan semua data spasial lainnya yang dimasukkan nantinya.

Setelah peta dasar ditentukan, selanjutnya pemasukan data dengan digitasi dan tabulasi dalam bentuk basis data yang terkait dapat dilanjutkan. Ini penting karena dengan tidak seragamnya peta dasar yang digunakan sebagai dasar tempat meletakkan data spasialnya, ketidak tepatan ataupun problem yang lebih besar akan timbul pada saat pelaksanaan analisa dan evaluasi.

Sumber : https://aziritt.net/racer-underground-apk/