SQL (PROCEDURE dan FUNCTION)

    Home/Pendidikan / SQL (PROCEDURE dan FUNCTION)
SQL (PROCEDURE dan FUNCTION)

SQL (PROCEDURE dan FUNCTION)

Posted in Pendidikan gjlkc 0

SQL (PROCEDURE dan FUNCTION)

SQL (PROCEDURE dan FUNCTION)

SQL (PROCEDURE dan FUNCTION)

PROGRAM 1

LOGIKA 1

Pada program pertama ini kita membuat procedure dengan nama parameter segitiga. Procedure ini dibuat untuk menghitung luas segitiga. Oleh karena itu kita harus mendeklarasikan terlebih dulu variabel-variabel yang dibutuhkan, yaitu alas, tinggi, dan luas. Kemudian kita lakukan sintaks perhitungannya yaitu luas:= (alas*tinggi)/2. Saat kita ingin menjalankan prosedur dapat dipanggil dengan memanggil nama parameter prosedur tersebut, yaitu execute segitiga.

PROGRAM 2

LOGIKA 2

Pada program kedua ini kita membuat function dengan nama parameter pangkat. Function yang dibuat ini berfungsi  untuk menghasilkan angka yang ditambah dengan dua. Pada function ini dibutuhkan perulangan for i  1..n loop yang berfungsi untuk mengulang statement yang telah kita deklarasikan sebelumnya. Kemudian ketikkan sintaks hasil:= hasil * bil yang berfungsi untuk melakukan perintah pangkat. Setelah selesai maka akan muncul sintaks function created.

Selanjutnya kita buat program yang baru untuk memanggil function yang telah dibuat sebelumnya. Disini kita mendeklarasikan pangkat sesuai dengan yang kita ingnkan. Lalu gunakan perintah dbms_output.put_line (‘hasil = ‘||h); untuk mencetak hasil dari pangkat tersebut.

Baca Juga :