Rumah Sakit Universitas Airlangga Luncurkan Buku Manajemen HIV/AIDS

    Home/Pendidikan / Rumah Sakit Universitas Airlangga Luncurkan Buku Manajemen HIV/AIDS
Rumah Sakit Universitas Airlangga Luncurkan Buku Manajemen HIV/AIDS

Rumah Sakit Universitas Airlangga Luncurkan Buku Manajemen HIV/AIDS

Posted in Pendidikan gjlkc 0

Rumah Sakit Universitas Airlangga Luncurkan Buku Manajemen HIV/AIDS

Rumah Sakit Universitas Airlangga Luncurkan Buku Manajemen HIV AIDS

Rumah Sakit Universitas Airlangga Luncurkan Buku Manajemen HIV AIDS

RS UNAIR me-launching buku yang berisi tentang penatalaksanaan kasus HIV/AIDS

yang komprehensif dan terkini dengan judul Manajemen HIV/AIDS Terkini, Komprehensif, dan Multidisiplin dalam rangka mengadakan acara pendidikan kesehatan di Isyana & Rajasa Ballroom, Bumi Surabaya City Resort.

Buku tersebut disusun 71 kontributor yang juga merupakan dosen Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR. Namun, selain dokter, buku itu juga ditulis oleh ahli farmasi serta perawat. Tujuannya adalah mencapai sisi komprehensif pada penatalaksanaan HIV/AIDS.

”Kami membuat buku ini sebagai media informasi kepada profesi di luar, terutama profesi yang memiliki minim akses. Yakni, profesi kesehatan di luar Jawa,” terang Cahyo Wibisono Nugroho, dr., Sp. PD. FINASIM, ketua pelaksana simposium dan launching buku, Selasa (16/4/2019).

”Karena, dalam satu buku ini dapat memberikan edukasi dari berbagai bidang kesehatan

sehingga profesi kesehatan yang minim akses tetap dapat memberikan pelayanan kepada pasien dengan maksimal,” tambah Cahyo.

Pada saat bekerja di lapangan, berbagai profesi tidak bisa berdiri sendiri atau bekerja secara sendiri. Karena itu, RS UNAIR memandang sangat perlu untuk menyatukan visi dan misi para profesional kesehatan. Jadi, nantinya akan menjadikan pelayanan pasien, terutama pada pasien HIV, dapat terlaksana secara maksimal.

Salah satu bentuk penyatuan visi misi itu adalah melalui buku tersebut. Buku itu memiliki keunggulan. Yakni, merupakan satu-satunya buku di Indonesia yang membahas manajemen HIV/AIDS dari berbagai bidang. Di dalamnya, buku tersebut sudah berdasar penelitian dan telaah pustaka dengan sistematis berdasar Evidence Based Medicine (EBM) bukan Testimonial Based Medicine (TBM).

”Buku dengan materi HIV/AIDS khusus tentu sudah banyak. Namun, yang ini komprehensif

di mana kami membahas dari berbagai sisi. Buku ini satu-satunya di Indonesia,” ujar Cahyo.

Selain menjelaskan informasi umum tentang HIV/AIDS, isi dari buku tersebut juga meliputi manajemen HIV/AIDS dari berbagai macam bidang. Yakni, di bidang penyakit dalam, bedah, dermatologi dan venereologi, paru, jantung dan pembuluh darah, neurologi, kesehatan mata, telinga, hidung dan tenggorokan, kesehatan anak, anestesi dan reanimasi, serta ilmu kesehatan jiwa. Termasuk penjelasan mengenai terapi suportif pada HIV/AIDS dan pemeriksaan penunjang serta materi tambahan HIV/AIDS.

”Buku ini menjelaskan tentang semuanya, sehingga harapan kami dengan buku ini cukup untuk menjadi tatalaksana pasien HIV /AIDS secara maksimal,” ucap Cahyo.
Pembahasan dalam buku tersebut dilakukan oleh berbagai bidang dan sesuai dengan keahlian masing-masing, secara luas dan dalam. Jadi, diharapkan dengan buku tersebut, pelayanan kesehatan di Indonesia akan jauh lebih baik.

 

Baca Juga :