Profil Negara Asean

Profil Negara Asean

Asia Tenggara (ASEAN) kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nations adalah

suatu organisasi dibidang politik dan ekonomi yang didirikan oleh Negara-negara dikawasan Asia Tenggara yang terbentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Bangkok ( Thailand ) dibentuknya bertujuan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dapat mengembangkan kebudayaan negara-negara anggotanya, dapat menjaga stabilitas dan perdamaian serta dapat memberikan kesempatan kepada anggota-anggotanya untuk membahas perbedaan dengan secara damai.


Pada awal dibentuknya ASEAN berjumlah anggota ASEAN ialah 5 Negara yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura serta Filipina. Kelima negara tersebut juga merupakan pendiri ASEAN. Dalam bahasa indonesia ASEAN biasa disebut dengan PERBARA disingkat dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.


Pada tanggal 7 Januari 1984, bertambah Anggota ASEAN diantaranya Brunei Darussalam yang telah bergabung menjadi anggota ASEAN yang ke-6. Lalu Negara-Negara Asia Tenggara lainnya juga pun ikut bergabung menjadi Anggota ASEAN diantaranya Vietnam telah bergabung menjadi Anggota ASEAN pada tanggal 28 Juli 1995. Kemudian bergabung Laos dan Myanmar yakni pada tanggal 23 Juli 1997. Selanjutnya pada tanggal 16 Desember 1998 Kamboja pun ikut juga bergabung ke dalam anggota ASEAN. Jadi mulai saat ini, jumlah Anggota ASEAN telah menjadi 10 Negara yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.


Dan yang seperti kita ketahui bersama bahwa Asia Tenggara atau ASEAN merupakan suatu kawasan di Asia yang memiliki jumlah penduduk yang dibilang cukup padat yaitu sekitar 625 juta jiwa atau 8,8% penduduk dunia.


Baca Juga :