Persepsi Siswa dan Penilaian Pengawas Tentang Kinerja Profesional

Persepsi Siswa dan Penilaian Pengawas Tentang Kinerja Profesional

Persepsi Siswa dan Penilaian Pengawas Tentang Kinerja Profesional

Kinerja profesional guru pembimbing sebagai gambaran unjuk kerja merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem upaya kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Saat ini ada anggapan bahwa kinerja profesional guru pembimbing diduga masih cukup menyedihkan atau belum bisa memberi arti dalam upaya memperbaiki bahkan meningkatkan prestasi siswa. Dugaan itu ternyata tidak seluruhnya benar, hal itu dapat dibuktikan oleh peneliti bahwa kinerja profesional guru pembimbing ternyata menggembirakan.
Persepsi siswa yang dalam hal ini sebagai pengguna jasa langsung dalam kaitannya dengan upaya layanan bimbingan dan konseling di sekolah menyatakan bahwa kinerja professional guru pembimbing baik. Begitu juga penilaian yang diberikan oleh Pengawas mengenai kinerja profesional guru pembimbing rata-rata dinilai baik. Kondisi ini tentu dapat menunjukkan dan membuktikan kepada masyarakat sekaligus menepis anggapan bahwa kinerja profesional guru pembimbing cenderung tidak baik.
Hasil penelitian ini tentu bukan hanya sekedar untuk menepis anggapan yang selama ini muncul namun lebih dari itu dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam upaya pengembangan profesionalisme guru pembimbing. Tantangan yang akan dihadapi menuntut guru pembimbing perlu memiliki kemampuan yang prima, siap dan handal dalam menangani permasalahan terutama yang dirasakan dan dialami oleh para siswa di sekolah.
Lebih khusus bagi guru pembimbing bahwa upaya mengembangkan diri dianggap syarat utama yang harus diperhatikan. Inisiatif untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan kearah yang lebih maju perlu dilakukan oleh guru pembimbing sebaiknya tidak harus menunggu dari atas, atau ajakan dari luar, tetapi harus berangkat dari kemauan keras diri sendiri.

Baca Juga :