Pengertian Pupuk

  1. Menurut Nasih Widya Yuwono dalam situs www.nasih.staff.ugm.ac.id, pupuk mempunyai pengertian secara luas dan khusus. Dalam arti luas, pupuk adalah suatu bahan yang digunakan untuk mengubah sifat fisik, kimia dan biologi tanah, sehingga menjadi lebih baik bagi pertumbuhan tanaman. Dalam pengertian yang khusus, pupuk adalah suatu bahan yang mengandung satu atau lebih hara tanaman.
  2. Menurut Hasibun dalam blog roardi.wordpress.com yang dikutip oleh Rioardi. Pupuk merupakan bahan yang bersifat organik ataupun anorganik, bila ditambahkan ke dalam tanah atau tanaman dapat memperbaiki sifat fisik, sifat kimia, sifat biologi tanah dan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman.

      Jadi, pupuk adalah suatu bahan yang berfungsi untuk memperbaiki sifat tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

2.2            Unsur Penyusun Pupuk

Menurut bang Sofwat 88 UGM dalam situs www.sofwat88ugm.dagdigdug.com, unsur hara penyusun pupuk diantaranya adalah Nitrogen, Phospor dan Kalium.

Unsur nitrogen merupakan unsur yang cepat kelihatan pengaruhnya terhadap tanaman. Peran utamanya adalah merangsang pertumbuhan vegetatif (batang dan daun) dan meningkatkan jumlah anakan. Sedangkan jika kelebihan unsur nitrogen dapat menyebabkan tanaman menjadi lambat panen karena pertumbuhan vegetatif yang memanjang dan kualitas buah menjadi menurun.

Unsur phospor mempunyai peran utama bagi pertumbuhan tanaman diantaranya yaitu memacu terbentuknya bunga, menurunkan aborsitan, memperkuat batang tumbuhan sehingga tidak mudah rebah dan memperbaiki kualitas buah. Jika tanaman kekurangan unsur phospor dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman kerdil dan jumlah anakan sedikit.

Unsur kalium merupakan satu-satuya kation monovalen yang esensial bagi tanaman. Peran utamanya adalah sebagai aktivator berbagai enzim. Dengan adanya kalium dalam tanah membuat ketegaran tanaman terjamin, pertumbuhan akar terangsang, tanaman lebih tahan hama dan penyakit, memperbaiki kualitas buah dan mengurangi pengaruh kematangan yang dipercepat oleh phospor. Apabila tanaman kekurangan unsur kalium menyebabkan pertumbuhan kerdil, daun tampak kering dan terbakar pada sisi-sisinya. Sedangkan jika tanaman kelebihan unsur kalium menyebabkan daun cepat menua sebagai akibat kadar magnesiun daun menurun dan terganggunya aktivitas fotosintesis.

sumber :

https://icanhasmotivation.com/four-last-things-apk/