Pengertian Privasi

Pengertian privasi adalah hak  individu   untuk   mempertahankan   informasi  pribadi dari pengaksesan oleh orang tidak diberi izin untuk melakukannya ( Akses, pengumpulan, analisis, dan penggunaan informasi pribadi ) yang tidak pantas baginya untuk orang lain mengetahui privasinya, seperti : nama , nomor telepon, alamat, E-mail, nomor lisensi mobil, karakteristik fisik ( dimensi wajah, sidik jari, tulisan tangan, dan lain-lain), nomor kartu kredit, dan hubungan keluarga, karena dapat berdampak negatif terhadap kehidupan sosial, harta benda, dan keselamatannya.

Memasuki era teknologi informasi sekarang ini berbagai ilmuan telah mengembangkan berbagai cara dalam mengatasi permasalahan system keamanan dalam suatu data atau account, mereka memperketat keamanan dan mengembangkan

Kriptografi yaitu  suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga untukaspek keamanan informasi seperti kerahasiaan.

Fungsi Privasi

Fungsi Privasi adalah untuk mencegah kejahatan computer dan anonimitas

  1. Kejahatan Komputer

Kejahatan Komputer adalah segala aktifitas yang tidak sah dilakukan dengan memanfaatkan pindak pidana, seperti sebagi berikut ini :

1)      Pencurian data program

2)      Layanan Pencurian

3)      Memperbanyak program

4)      Mengubah data

5)      Pengerusakan program

6)      Pengerusakan data

7)      Pelanggaran terhadap UU

  1. Anonimitas

Anonimitas adalah tidak beridentitas. Privasi dan anonimitas adalah 2 hal yang sangat erat kaitannya dan mirip. Tapi prinsipnya Anonimitas adalah untuk privasi sedangkan privasi belum tentu membutuhkan anonimitas, walaupun biasanya memerlukan. Privasi bisa saja didapat dengan menerapkan sekuritas misalnya enkripsi. ( Contoh : Saat mencobos anda tidak menuliskan nama / identtas anda, inilah yag disebut anonimitas )

  1. Konsep Privasi

Konsep privasi adalah menentukan batasan pengertian privasi. Privasi berarti bebas, kebebasan, atau keleluasaan. Maknanya yaitu kebebasan atau keleluasaan pribadi. Kebebasan termasuk suatu yang bersifat asasi, yang umumnya para ahli memiliki konsepsi yang sama bahwa kebebasan ada pada setiap insan. Secara dekripsi, kebebasan senantiasa ada batasan baik kelemahan yang bersifat internal maupun eksternal. Pada dasarnya kebebasan bukan berarti berbuat sekehendak hati melainkan ada batasnya untuk mengakui dan menghormati hak dan kewajiban setiap manusia pada umumnya.

https://haciati.co/