Pengertian Motherboard beserta Fungsi dan Jenis Motherboard

    Home/Komputer / Pengertian Motherboard beserta Fungsi dan Jenis Motherboard
Pengertian Motherboard beserta Fungsi dan Jenis Motherboard

Pengertian Motherboard beserta Fungsi dan Jenis Motherboard

Saat membongkar isi komputer Anda, Anda akan menemukan papan sirkuit besar dengan berbagai komponen komputer yang melekat padanya, papan kursor disebut motherboard. Lalu, apa fungsi motherboard ini sehingga dikatakan sebagai tulang punggung komputer? Dan apa saja jenis motherboard? Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian motherboard dan fungsi serta tipe motherboard:

Memahami motherboard

Motherboard (atau yang biasa disebut mainboards, systemboard, papan logika, baseboard atau mobo) adalah papan sirkuit tercetak (PCB) yang bertindak sebagai tulang punggung komputer, karena motherboard menyediakan konektivitas listrik yang disebut bus sehingga semua komponen dan perangkat eksternal menyala. motherboard itu bisa dihubungkan.

Pada motherboard ini semua komponen komputer dipasang, seperti CPU, slot RAM, slot PCI dan port USB. Selain itu motherboard juga memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat seperti hard drive, drive DVD, keyboard dan mouse. Intinya adalah bahwa motherboard ini membuat semua komponen di komputer Anda dapat bekerja bersama.

Fungsi motherboard

Peran motherboard sebagai tulang punggung komputer bukan tidak masuk akal, karena motherboard memiliki berbagai fungsi.

Selain fungsi utamanya, yaitu sebagai media yang menyimpan komponen pada komputer, motherboard juga berfungsi untuk mengatur kode sistem input / output dasar (BIOS) pada chip read-only memory (ROM). Kode BIOS adalah firmware, di mana firmware tidak akan hilang bahkan jika komputer mati dan tidak dapat diubah oleh proses sistem operasi normal atau perangkat lunak aplikasi.

Selain itu, jika Anda memperhatikan motherboard ada koleksi slot yang memungkinkan penggunaan komponen atau perangkat eksternal yang dapat meningkatkan fleksibilitas komputer itu sendiri. Perangkat yang dimaksud adalah printer, keyboard, mouse, jack audio, hard disk eksternal, atau game stick.

Perangkat dapat dihubungkan ke komputer dengan menghubungkannya langsung ke motherboard menggunakan port yang telah disediakan.

pengertian motherboard

Jenis-jenis motherboard

Motherboard datang dalam berbagai jenis dan bentuk, mengenali jenis motherboard yang Anda miliki adalah penting, terutama ketika Anda akan membangun atau meningkatkan komputer. Karena itu, perhatikan penjelasan berikut tentang jenis-jenis motherboard:

1. AT motherboard (Teknologi Canggih)

Motherboard AT adalah jenis motherboard yang pertama kali diperkenalkan oleh IBM pada Agustus 1984, kemudian digunakan secara luas pada 1980-an. Jenis motherboard ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 12 x 13,8 inci, ukuran yang cukup besar sehingga tidak muat di desktop mini.

Masalah lain yang dimiliki motherboard AT adalah kesulitan saat memasang, mengatasi masalah, dan memutakhirkan karena jarak antara masing-masing komponen sangat dekat.

Versi lain dari motherboard AT adalah motherboard Baby AT yang memiliki ukuran lebih kecil 8,5 x 13 inci. Tetapi saat ini jenis motherboard AT / Baby AT sangat jarang digunakan, dan telah digantikan oleh jenis motherboard yang lebih baru seperti ATX ..

2. ATX (Advanced Technology Extended)

Motherboard ATX adalah jenis motherboard yang dikembangkan oleh Intel pada pertengahan 1990-an yang merupakan peningkatan dari jenis motherboard sebelumnya, AT.

Selain itu peningkatan ukuran motherboard yang semakin kecil. Motherboard ATX juga mengalami peningkatan dalam kemudahan penggunaan, dalam hal ini pemasangan, pemecahan masalah dan peningkatan, serta peningkatan pada I / O dan teknologi prosesor dan biaya produksi sistem. Inilah yang membuat motherboard jenis ini masih populer digunakan pada tahun 2017.

3. Micro-ATX

Micro-ATX sama dengan tipe ATX, manfaat yang ditawarkan sama, yang membedakannya hanya ukuran motherboard yang lebih kecil, hal ini dilakukan dengan mengurangi jumlah slot I / O yang didukung pada motherboard.

4. LPX (Low Profile Extended)

Perpanjangan profil rendah Moterhboard dibuat setelah motherboard AT pada 1990-an. Motherboard jenis ini dirancang untuk digunakan pada Slimline atau casing profil rendah, yang dirancang sedemikian rupa untuk mengurangi penggunaan ruang dan biaya.

Yang membedakan jenis motherboard ini dari yang lain adalah pada kartu riser yang merupakan kartu tegak yang digunakan untuk memasang slot ekspansi.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketinggian selubung, karena umumnya tinggi selubung komputer dipengaruhi oleh kartu ekspansi itu sendiri. Namun, ini sebenarnya tidak disarankan, karena dapat mempengaruhi sistem pendingin pada komputer Anda.

5. BTX (Balanced Technology Extended)

Motherboard BTX dikembangkan untuk mengurangi atau menghindari beberapa masalah yang muncul saat menggunakan teknologi terbaru. Teknologi yang lebih baru cenderung menggunakan lebih banyak daya dan juga menghasilkan lebih banyak panas. Tidak seperti jenis motherboard lainnya, BTX benar-benar terlepas dari jenis ATX yang saat ini populer.

Salah satu fitur paling menarik dari BTX adalah penggunaan aliran udara in-line di mana slot memori dan slot ekspansi dipindahkan sehingga komponen utama seperti prosesor, chipset dan kartu video dapat menggunakan aliran udara yang sama, sehingga mengurangi penggunaan kipas yang dibutuhkan oleh sistem.

6. Mini-ITX (Teknologi Informasi Diperpanjang)

ITX Mini adalah jenis motherboard berdaya rendah dengan ukuran yang cukup kecil yaitu 17 x 17 cm. Mini-ITX dirancang oleh VIA Technologies pada tahun 2001. Motherboard Mini-ITX ini digunakan pada komputer yang memiliki bentuk kecil, selain itu motherboard jenis ini juga tidak menimbulkan panas lebih karena menggunakan konsumsi daya yang rendah sehingga tidak memerlukan penggemar besar.

Sekarang Anda tahu tentang definisi motherboard, fungsi, dan tipe. Anda perlu tahu bahwa motherboard yang baik adalah motherboard yang kompatibel dengan komponen di komputer Anda, ini akan mempengaruhi kecepatan sistem Anda, karena itulah pentingnya mengetahui jenis motherboard yang Anda miliki.

Sumber : Https://www.videomax.co/