Pengertian, Jenis dan sifat Lensa Cembung

    Home/Pendidikan / Pengertian, Jenis dan sifat Lensa Cembung
Pengertian, Jenis dan sifat Lensa Cembung

Pengertian, Jenis dan sifat Lensa Cembung

Posted in Pendidikan gjlkc 0

Pengertian lensa cembung

Lensa cembung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tebal dari tepi. Lensa cembung biasanya melingkar, dan lensa terbuat dari kaca atau plastik sehingga memiliki indeks bias lebih besar dari indeks bias udara.

Jenis-jenis lensa cembung Seperti dapat dilihat pada foto-foto di atas, ada dua jenis lensa cembung. Ini adalah bikonveks, data cembung, dan cembung meniskus.

Lensa cembung dikonfigurasikan dalam beberapa format.

Bikonveks atau cembung – cembung.
Plankonveks atau cembung – datar.
Ketidakrataan atau ketidakrataan.

Sinar yang dibiaskan dari lensa cekung adalah radioaktif (divergen). Lensa cekung diklasifikasikan sebagai berikut.

Cekung ganda (Biconka).
Permukaan cekung datar (permukaan cekung datar).
Ketidakrataan

Lensa cembung balok khusus

Tidak seperti cermin cembung, sinar khusus lensa cembung seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas dijelaskan sebagai berikut.

Cahaya sepanjang sumbu utama dibiaskan melalui titik fokus (F1) di belakang lensa. (SEBUAH)
Cahaya yang datang ke titik fokus (F2) di depan lensa membiaskan sejajar dengan sumbu utama. (B)
Cahaya yang melewati pusat optik lensa (O) akan berlanjut tanpa dibiaskan. (C)

Sifat lensa cembung

Lensa cembung dapat berasal dari dua arah sehingga ada dua titik fokus. Kami mencocokkan bagian dari lensa cembung di bagian depan sebagai tempat cahaya datang dan tempat di belakang lensa tempat cahaya dibiaskan.

Ketika tiga sinar sejajar dengan lensa cembung, sinar itu dibiaskan oleh lensa dan menyeberang atau pergi ke titik tertentu. Titik fokus sebelum lensa cembung disebut titik fokus virtual. Dan titik fokus di belakang lensa cembung disebut fokus sebenarnya.

Kami juga setuju dengan fokus di mana cahaya membiaskan sebagai fokus aktif (F1) dan fokus pasif (F2). Karena cahaya yang melewati lensa cembung selalu membiaskan atau menyatu ke satu titik, lensa cembung disebut lensa konvergen.

Karena panjang fokus lensa cembung selalu positif, lensa cembung juga selalu positif karena tempat berpotongan atau pemandangan cahaya yang dibiaskan selalu terletak di belakang lensa cembung dan titik fokus lensa cembung adalah titik fokus yang sebenarnya.

Jumlah refraksi cahaya dalam lensa cembung tergantung pada indeks bias bahan lensa dan kelengkungan permukaan lensa dan indeks bias itu sendiri tergantung pada kecepatan cahaya pada lensa.

Secara umum, lensa cembung yang tebal membiaskan cahaya lebih dari lensa cembung yang tipis. Panjang fokus lensa cembung tebal lebih pendek dari panjang lensa cembung tipis.
Sifat bayangan (bentuk cembung)

Sumber : https://laelitm.com/