Pengertian dan Jenis Radiasi

    Home/Pendidikan / Pengertian dan Jenis Radiasi
Pengertian dan Jenis Radiasi

Pengertian dan Jenis Radiasi

Posted in Pendidikan gjlkc 0

Pengertian Radiasi

Radiasi aktual yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya radiasi matahari, radiasi dari ponsel dan lainnya. Namun, untuk memahami radiasi itu sendiri sebenarnya tidak terpenuhi. Secara sederhana kita tahu apa aplikasi itu, tetapi untuk memahami sebagian dari kita masih belum mengerti.

Singkatnya, radiasi dapat diartikan sebagai transmisi. Tetapi radia dapat diartikan lebih jelas oleh energi yang dipancarkan oleh suatu objek dalam bentuk partikel atau gelombang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, radiasi dapat diartikan sebagai pancaran sinar atau gelombang yang membawa energi melalui zat antara.

Berdasarkan penjelasan di atas, radiasi dapat diartikan sebagai bundel atau rambatan gelombang atau partikel yang mengangkut energi melalui media dalam bentuk ruang atau perantara. Diperlukan perantara antara difusi radiasi. Beberapa contoh peristiwa inflasi adalah:

  1. Transmisi dan propagasi gelombang suara
    Transmisi dan propagasi gelombang elektromagnetik
    Radiasi dan difusi dalam radiasi (mis. Sinar gamma)
    Dan lain-lain.

KLASIFIKASI JENIS RADIASI


Radiasi dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis. Klasifikasi jenis radiasi adalah sebagai berikut:

1. Klasifikasi radaisi berdasarkan massa
Berdasarkan klasifikasi radiasi massa dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
Sebuah. Radiasi elektromagnetik
Radiasi elektromegali adalah radiasi tanpa massa. Ini termasuk jenis radiasi, yaitu:

Cahaya tampak
Gelombang radio
sinar X
Sinar gamma
Sinar kosmik
gelombang mikro
infra merah

b. Radiasi partikel
Radiasi partikel dapat dijelaskan sebagai radiasi dengan massa. Termasuk dalam jenis radiasi ini adalah sebagai berikut:

neutron
Partikel alfa
Partikel beta

2. Klasifikasi radiasi berdasarkan muatan listrik
Ada juga muatan listrik pada radiasi. Radisi biaya dibagi menjadi dua jenis berdasarkan lysstrik, yaitu:
Sebuah. Radiasi pengion
Radiasi pengion adalah radiasi yang, ketika mengenai, menyebabkan muatan listrik atau ion. Contoh radiasi ini adalah:

neutron
Partikel alfa
Partikel beta
Sinar gamma
Sinar kosmik
Sinar-X

b. Radiasi non-pengion
Radiasi non pengion adalah radiasi yang tidak dapat menyebabkan muatan listrik. Radiasi ini juga dapat dijelaskan sebagai radiasi yang tidak menyebabkan ionisasi. Ini termasuk radiasi non-pengion, yaitu:

infra merah
Ultra violet
Cahaya tampak
gelombang mikro
Gelombang radio

C. MANFAAT RADIASI
Radiasi memiliki manfaat yang membantu banyak orang di berbagai bidang kehidupan. Radiasi memiliki beberapa keunggulan di setiap area. Manfaat radiasi di berbagai daerah dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Manfaat radiasi di bidang kedokteran
Ini memiliki keunggulan penting di bidang kedokteran radiasi. Secara umum, radiasi digunakan di daerah ini untuk mensterilkan perangkat dan mengobati beberapa penyakit. Tetapi manfaat radiasi di bidang medis lebih jelas:

Sebuah. Sterilisasi menggunakan radiasi
Radiasi digunakan untuk mensterilkan perangkat medis. Radiasi yang digunakan untuk mensterilkan perangkat ini memiliki dosis tertentu. Pada dosis tertentu, radiasi dapat membunuh mikroorganisme tidak bermanfaat dalam perangkat medis dan membuat perangkat steril lagi hingga dapat digunakan kembali. Sterilisasi radiasi lebih efektif dibandingkan dengan sterilisasi menggunakan metode konvensional. Kelompok sterilisasi yang menggunakan radiasi adalah sebagai berikut:

Sterilisasi radiasi dapat membunuh lebih banyak mikroorganisme daripada sterilisasi kimia. Sehingga hasil sterilisasi lebih sempurna.
Jika sterilisasi konvensional meninggalkan residu kimia, sterilisasi radiasi tidak meninggalkan residu kimia.
Sterilisasi radiasi dilakukan dengan terlebih dahulu mengemas perangkat agar alat tidak terkontaminasi dengan kue lagi sampai paket terbuka.

b. Terapi tumor dan kanker
Selain digunakan sebagai alat untuk mensterilkan peralatan medis, manfaat lain radiasi di bidang medis adalah untuk pengobatan penyakit seperti kanker dan tumor. Radiasi dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis tumor atau kanker. Radiasi yang digunakan dalam terapi dapat merusak sel-sel kanker, tetapi pada saat yang sama sel-sel baik yang ditemukan dalam tubuh pasien juga dapat rusak. Tetapi sel yang baik tidak rusak sama buruknya dengan sel kanker dan sel tumor. Ini karena sel kanker dan sel tumor dapat lebih mudah rusak daripada sel yang baik. Untuk mencegah kerusakan sel

Sumber : https://materibelajar.co.id/