Menulis Naskah Film Dengan Celtx

 

Menulis Naskah Film Dengan Celtx

Menulis Naskah Film Dengan Celtx

Kalau kalian tertarik dengan bidang kreatif penulisan naskah film, kalian bisa mencoba aplikasi yang yang bernama Celtx ini. Pada dasarnya, Celtx merupakan sebuah aplikasi yang membantu kita menyelesaikan proses pra-produksi, dari menulis naskah, sampai membuat jadwal produksi. Aplikasi ini berguna, tidak hanya untuk para pekerja profesional, tapi juga untuk kalian yang sedang belajar menggeluti bidang ini.

Dalam penulisan naskah, Celtx sudah dilengkapi dengan berbagai kebutuhan format tulisan, seperti: scene heading, action, character, dialog, transition, shot, dll. Jadi kita tidak perlu repot mengatur format sendiri. Celtx juga menyediakan tempat untuk catatan (scratchpad), index card untuk mengatur plot, dan detil kategori yang berguna nanti saat kita melakukan breakdown naskah. Detil tersebut melingkupi: aktor, character, location, property, sound, set dressing, dll.

celtx menulis naskah film

Untuk selanjutnya, kita bisa mengembangkan naskah tersebut melalui Project Library. Di sana tersedia template untuk berbagai kepentingan, seperti: storyboard, sketch untuk menggambar blocking kamera, production schedule, dll. Semua detil yang mendukung produksi juga bisa dilihat melalui Master Catalog, sehingga kita bisa melakukan cross check untuk segala kebutuhan produksi. Dengan demikian perhitungan yang menyeluruh bisa dilakukan bersama dengan tim produksi.

celtx project library

Oya, Celtx tidak hanya bisa digunakan untuk penulisan naskah film, tapi juga tersedia format untuk berbagai format lain. Inilah rekap dari fitur utama Celtx:

Tersedia beberapa format tulisan: Film (screenplays), naskah audio-visual, Teater (stageplays), audioplays, komik, dan novel.
Memformat tulisan secara otomatis sesuai standar industri dan internasional.
Secara otomatis menyesuaikan format saat memindah jenis naskah (misal: dari screenplay ke stageplay).
Lengkap dengan breakdown naskah dalam 36 kategori.
Kartu index untuk mengatur plot.
Format storyboard sesuai naskah.
Save as PDF.
Memainkan storyboard dengan build-in player.
Membuat blocking shot dengan build-in sketch tool.
Menambahkan file gambar, video, audio, dan dokumen lain.
Membuat jadwal produksi sesuai dengan naskah.
Menyimpan projects di desktop maupun di cloud
Sinkronisasi dengan cloud dan mobile apps

Celtx menyediakan layanan baik untuk desktop, web, juga mobile. Celtx desktop tersedia baik untuk sistem operasi

Windows, Mac, mau pun Linux. Ada dua program yang disediakan, yaitu Celtx (gratis) dan Celtx Plus ($14.99). Fitur keduanya sama. Hanya saja, untuk Celtx Plus ada tambahan Add-on dan Clip-art. Aplikasi web Celtx juga menyajikan fitur yang tidak jauh beda. Pada aplikasi web Celtx, kita bisa melakukan share project dengan rekan satu tim kita.

Untuk aplikasi mobile, Celtx membagi dua layanannya, yaitu: Celtx Script dan Celtx Shots. Untuk gadget iPad/iPhone sudah tersedia keduanya. Untuk gadget Android, baru tersedia Celtx Script saja. Sedangkan untuk Blackberry dan Windows Mobile, hm… nampaknya para penggunanya harus sedikit bersabar.

Berikut beberapa penampakan Celtx:

Program ini memang cukup powerful dan berguna. Paling tidak, kita tidak perlu lagi bingung memikirkan format, dan tinggal konsentrasi pada proses produksi.

Download:

Celtx Desktop
Celtx Script iPad/iPhone
Celtx Shots iPad/iPhone
Celtx Script Android

Sumber:

https://kabarna.id/sewa-bus-pariwisata-demak/