Mengetahui Manfaat Kunyit dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat

    Home/Kesehatan / Mengetahui Manfaat Kunyit dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat
Mengetahui Manfaat Kunyit dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat

Mengetahui Manfaat Kunyit dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat

Posted in Kesehatan gjlkc 0

Mengetahui Manfaat Kunyit dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat – Kunyit ialah salah satu tumbuhan rimpang berwarna kuning pribumi dari distrik asia tenggara ini di samping sebagai bahan pewarna alami makanan ternyata kunyit tidak sedikit berisi tidak sedikit khasiat.

Rimpang dari kunyit memiliki tidak sedikit efek farmakologis pada manusia. Wanita yang merasakan masalah dengan haid dapat memakai kunyit guna mengatasinya karena, efek farmakologis yang bisa melancarkan darah dan haid. Ia pun akan meminimalisir rasa nyeri dan lelah datang bulan. Rimpangnya kunyit ialah antikoagulan alami, yang bisa menghalang pembekuan darah dan menangkal terjadinya thrombosis. Ia pun dapat menurunkan desakan darah. Antara khasiat lainnya ialah mengobati diare, sakit lambung, asma, usus buntu, dan rematik. Ia pun adalahanalgesik alami sebab menghambat Cox-2 yang mencetus rasa nyeri. Kunyit dinamakan antiinflamasi, sebab dapat mengobati arthritis dan rheumatoid arthritis.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

1.sebagai ramuan anti perasan usus

Hal ini adalahsalah satu guna kunyit guna pencernaan, terutama mengobati radang usus.

2. mengobati asam lambung

kunyit juga berfungsi untuk mengayomi dan melapisi dinding lambung, dengan teknik meningkatkan buatan lendir

3. meminimalisir gas pada pencernaan

Manfaat. kunyit guna pencernaan yang bermasalah ini, ampuh untuk meminimalisir tekanan gas dalam perut. Senyawa kunyit bermanfaat mengurangi asam pada perut yang berlebih, yang pun membuat perut menjadi kembung.

4. meminimalisir mual

Kandungan phytochemical pada kunyit ini, bermanfaat untuk menghadirkan antioksidan di tubuh yang bermanfaat memerangi racun sampai-sampai mual Anda dapat diredakan.

5. meredakan diare

Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit menolong melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras dampak serangan diare.

Cara mengelola kunyit sebagai obat antara lain:

Mengobati Demam Dengan Kunyit

Siapkan rimpang kunyit 20 gr dan air matang 100 ml. Bersihkan rimpang kunyit, setelah tersebut diparut. Campur hasil parutan kunyit dengan 100 ml air. Kemudian peras dan saring ampasnya. Air hasil perasan kunyit tadi bisa diminum sejumlah 2 kali dalam sehari.

Mengobati Diare Dengan Kunyit

Rimpang kunyit yang sudah diiris kemudian dibaur dengan satu sendok air kapur sirih. Rebus dan aduk gabungan tersebut hingga rata. Setelah mendidih, lantas didinginkan dan pun saring ampasnya. Minum 3 x sehari hingga sembuh.

Mengobati Keputihan Dengan Kunyit

Parut pembahasan kunyit tua kira-kira sejumlah 15 gram. Campurkan parutan itu dengan 150 ml air asam dan pun gula jawa, lantas aduk semuanya hingga merata. Peras gabungan bahan-bahan tersebut lantas saring ampasnya dan minum masing-masing hari.

Mengobati Radang Amandel Dengan Kunyit

Kunyit dengan ukuran kira-kira separuh jari diparut kemudian dibaur dengan 2 sendok air minum. Aduk kedua gabungan tersebut dan diperas. Buang ampasnya, lantas hasil perasan tersebut dibaur dengan 1 buah kuning telur ayam dusun dan pun sedikit air kapur sirih. Aduk ramuan itu sampai merata dan minum 1 sampai 2 kali sehari.

Mengobati Radang Gusi Dengan Kunyit

Campurkan irisan kunyit sebesar jempol orang dwasa dengan 3 potong gambir yang sudah diiris lantas rebus dengan 2 gelas air. Tunggu hingga rebusan mendidih sampai air tersisa selama 1 gelas. Air ramuan tersebut dipakai untuk berkumur 3 hingga 4 kali sehari.

Mengobati Nyeri Haid Dengan Kunyit

Siapkan kunyit dan daun sigading (15 gram), biji pala dan kapulaga (10 gram), jinten hitam, ketumbar dan cengkeh (5 gram). Rebus seluruh bahan itu dengan 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih sampai air tersisa selama 1 gelas. Saring hasil rebusan itu kemudian untuk menjadi tiga guna diminum pada pagi hari, siang dan pun sore hari.

Mengobati Perut Mulas pada ketika Haid Dengan Kunyit

Siapkan 1 rimpang kunyit kira-kira sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe kira-kira sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur kira-kira sebesar 4 cm. Parut seluruh bahan tersebut, lantas peras dan ambil air hasil dari perasannya. Hasil perasan tersebut dibaur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah tersebut seduh dengan separuh gelas air yang panas dan lantas disaring ampasnya.

Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Kunyit

Sediakan rimpang kunyit segar sejumlah 100 gram, air jeruk nipis sejumlah 100 ml, 1,5 sendok santap madu dan pun air secukupnya. Tumbuk kunyit atau haluskan dengan blender. Kunyit yang telah halus tersebut lantas diberi gabungan madu dan pun air jeruk nipis. Tambahkan air puti secukupnya dan lantas minum secara tertata 1 sampai 3 kali sehari.

Mengobati Tifus Dengan Kunyit

Siapkan 2 rimpang kunyit, satu bonggol sere dan 1 eksemplar daun sambiloto. Semua bahan tersebut dibaur kemudian tumbuk atau blender sampai halus. Peras gabungan dari bahan yang telah dihaluskan itu untuk dipungut airnya. Perasan diperbanyak dengan 1 gelas air masak yang masih hangat. Minum ramuan tersebut sekitar 1 minggu berturut-turut.

Mengobati Disentri Dengan Kunyit

Campurkan irisan rimpang kunyit 1-2 buah, gambir dan pun kapur sirih yang direbus dalam 2 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa bermukim 1 gelas, lantas angkat. Saring hasil rebusan itu untuk diminum 1 sampai 2 kali sehari.

Memperlancar ASI Dengan Kunyit

Tumbuk 1 buah rimpang kunyit sampai halus lantas oleskan pada paydara sejumlah 1 kali masing-masing 2 hari sekali.

Mengobati Cacar Air Dengan Kunyit

Tumbuk sampai halus atau blender 2 rimpang kunyit dengan 1 genggam daun eceng lantas oleskan pada unsur tubuh yang terpapar cangkrang.

Mengobati Mencret Dengan Kunyit

Siapkan rimpang kunyit kira-kira 1/2 jari, rasuk angin sejumlah 1/2 sendok teh, ketumbar sejumlah 3 biji, buah kayu ules satu biji dan daun trawas 1 helai. Tumbuk sampai halus atau blender seluruh bahan tersebut, lantas campur dengan air kira-kira 115 ml dan panaskan sampai mendidih. Saring hasil rebusan tersebut. Minum pagi dan senja hari.

Baca Juga: