Mengenal Teks Proposal Kegiatan

    Home/Pendidikan / Mengenal Teks Proposal Kegiatan
Mengenal Teks Proposal Kegiatan

Mengenal Teks Proposal Kegiatan

Posted in Pendidikan gjlkc 0

Mengenal Teks Proposal Kegiatan

kamu pernah melihat pentas seni di sekolah? Kegiatan ini umumnya dilakukan dengan menyebabkan penyanyi-penyanyi terkenal untuk menghibur para siswa di sekolah. Pentas seni umumnya dilakukan disaat hari kembali th. sekolah atau acara reuni para alumni. Namun, tahukan kamu bagaimana cara mengadakan suatu pentas seni di sekolah? Nah, kesibukan pentas seni pastinya di mulai dengan menyusun sebuah proposal kegiatan. Apa itu proposal kesibukan dan layaknya apa strukturnya? Yuk, kita pelajari.

Proposal kesibukan merupakan sebuah rencana yang dituangkan ke didalam wujud rencana kerja. Proposal ini dibikin sebelum akan suatu kesibukan dilakukan untuk mendapatkan izin atau terhitung melacak sponsor acara.

Struktur Teks Laporan Kegiatan

1. Nama Kegiatan

Nama kesibukan mirip layaknya halnya judul suatu tulisan. Maka, nama kesibukan kudu dibikin semenarik bisa saja supaya mampu menyebabkan rasa ingin paham pembaca. Hal-hal yang kudu diperhatikan didalam pembuatan nama kegiatan, antara lain:

Sesuai dengan topik kegiatan
Singkat, padat, dan jelas
Diungkapkan didalam wujud frasa
2. Pendahuluan
Dalam anggota ini disediakan alasan mengapa suatu kesibukan kudu dilaksanakan. Maka, penyusun proposal diharapkan mampu memperlihatkan pentingnya pelaksanaan kesibukan yang dapat dilaksanakan.

3. Tujuan

Tujuan bermanfaat untuk mengarahkan dan memfokuskan kesibukan yang dapat dilaksanakan.

4. Sasaran

Bagian ini memuat perihal lembaga, personil, organisasi, atau group penduduk spesifik yang dapat jadi peserta dari kegiatan.

5. Jadwal

Bagian ini memuat pas dan area pelaksanaan kegiatan.

6. Susunan Acara

Pada anggota lapisan acara dijelaskan perihal lapisan kesibukan yang dapat dilangsungkan.

7. Kepanitiaan

Bagian ini menjelaskan perihal lapisan panitia yang bertanggung jawab lakukan acara.

8. Anggaran

Proposal yang baik haruslah senantiasa mencantumkan rincian ongkos penyelenggaraan kegiatan. Sebaiknya ongkos itu diperhitungkan secara logis dan realistis, baik itu pemasukan maupun pengeluarannya. Estimasi pembiayaan yang dibikin oleh seorang penyusun proposal dapat jadi pertimbangan calon penyandang dana atau donator. Anggaran ongkos mampu dibedakan jadi tiga bagian, yakni persiapan, operasional, dan laporan.

9. Penutup

Penutup merupakan akhir dari pembicaraan perencanaan kegiatan. Maka, anggota ini merupakan ‘rayuan’ terakhir penyusun proposal kepada pembaca untuk memilih diterima atau tidaknya sebuah proposal. Untuk itu terhadap anggota ini, penyusun proposal kudu mampu memotivasi calon penyandang dana, donatur, sponsor, atau partisipan dengan cara memperlihatkan rasa optimistis terhadap kesibukan yang direncanakan.

Contoh Soal

Soal 1

Perhatikan teks tersebut ini.

Membuat surat undangan rapat
Membentuk kepanitian lomba puisi
Menyusun program kerja
Pelaksanaan lomba
Evaluasi kerja
Teks tersebut terhitung didalam anggota proposal, yakni …..

Kepanitiaan
Susunan Acara
Anggaran
Penutup
Tujuan

Jawaban: B

Pembahasan: lapisan acara memuat perihal urutan kesibukan yang dapat dilakukan. Hal tersebut keluar dari urutan yang di mulai menyebabkan surat undangan rapat hingga evaluasi kerja. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat ialah B.

Baca Juga :