Mengelola Efek Cambuk

    Home/Pendidikan / Mengelola Efek Cambuk
Mengelola Efek Cambuk

Mengelola Efek Cambuk

Posted in Pendidikan gjlkc 0

Mengelola Efek Cambuk

Mengelola Efek Cambuk

Mengelola Efek Cambuk

Efek cambuk dapat terjadi ketika pemesanan menurun serta ketika pemesanan meningkat. Tabel 12.1 mengidentifikasi beberapa penyebab utama dan cara untuk memperbaiki efek cambuk.

Efek Cambuk

PENYEBABCARA UNTUK MEMPERBAIKI
Kesalahan peramalan permintaan (akumulasi ketidakpastian pada rantai pasokan)

Berbagi informasi permintaan di seluruh rantai pasokan.

Pengelompokkan pesanan (besar, pesanan yang jarang ada akan membawa pemasok untuk memesan jumlah pesanan yang bahkan lebih besar)Koordinasi saluran: Menentukan ukuran lot seolah-olah rantai pasokan yang sepenuhnya adalah satu perusahaan.
Fluktuasi harga (membeli permintaan di muka sehingga dapat mengambil keputusan dari harga yang rendah, potongan  harga, atau penjualan)Stabilitas harga (setiap hari harga rendah).
Pertaruhan kekurangan persediaan (penimbunan pasokan karena takut mengalami kekurangan persediaan)Mengalokasikan pesanan berdasarkan pada permintaan di masa lalu.

 

Ukuran dari Efek Cambuk

Cara mudah untuk menganalisis besarnya efek cambuk pada setiap hubungan pada rantai pasokan untuk menghitung ukuran cambuk.

Cambuk =   Varian dari pesanan    =    spesanan

Varian dari permintaan     spermintaan

 

Permintaan varian ada ketika ukuran cambuk lebih besar dari1. Ini berarti ukuran pemesanan perusahaan berfluktuasi lebih dari ukuran permintaan masuk. Jika ukurannya sama dengan 1, tidak ada penguatan. Nilai ukuran yang kurang dari 1 akan berarti skenario pengurangan saat pesanan naik ke atas rantai pasokan ke arah pemasok.

Sumber :https://indianapoliscoltsjerseyspop.com/