MENCEGAH PERKEMBANGAN EMOSI NEGATIF

MENCEGAH PERKEMBANGAN EMOSI NEGATIF

MENCEGAH PERKEMBANGAN EMOSI NEGATIF

Penelitian yang berjudul : “Upaya Orang tua dan Guru TK Untuk Mencegah Perkembangan Emosi Negatif Pada Anak Usia Dini” (Studi Kasus Dalam Rangka Menyusun Rancangan Program Bimbingan Pada TK Laboratorium Universitas Pendidikan Indonesia) ini bertujuan untuk menghasilkan program bimbingan perkembangan emosi anak usia dini yang akan dapat dimanfaatkan orang tua dan guru TK dalam mencegah timbulnya emosi negatif pada anak usia dini.
Adapun masalah penelitian ini adalah masih banyaknya anak usia dini yang masih mengalami emosi negatif, belum bisa bersikap tenang, sangat impulsif, mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian di kelas dan belum mampu mengontrol emosi negatif. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang profil pemahaman orang tua dan guru TK mengenai tahapan, tempo, dan irama perkembangan emosi anak usia dini dan profil layanan bimbingan yang selama ini telah dilaksanakan oleh orang tua dan guru TK dalam memfasilitasi perkembangan emosi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara langsung.
Temuan dari penelitian ini adalah bahwa guru TK Laboratorium Universitas Pendidikan Indonesia memahami tahapan, tempo, dan irama perkembangan emosi yang tercermin dalam cara guru menghadapi anak usia dini yang sedang mengalami emosi negatif. Namun pemahaman orang tua tentang tahapan, tempo, dan irama perkembangan emosi belum bisa dimanfaatkan, terbukti ketika menghadapi anak yang mengalami emosi negatif mereka masih kebingungan belum mampu membantu anak untuk tidak agresif, tidak penakut, tidak pemalu, tidak memaksakan kehendak dan berkonsentrasi dalam belajar. Secara umum layanan bimbingan di TK Laboratorium Universitas Pendidikan Indonesia belum optimal karena belum semua orang tua memahami fungsi dari bimbingan perkembangan emosi, dan masih banyak orang tua yang juga mempunyai permasalahan yang belum terselesaikan, meskipun layanan bimbingan dari guru sudah bagus.
Adapun rekomendasi untuk memperoleh kualitas program adalah mengadakan seminar dan uji coba program yang disusun, untuk memperoleh bukti tentang relevansi program dengan permasalahan yang dihadapi guru dan orang tua anak usia dini di TK Laboratorium Universitas Pendidikan Indonesia.