MEMBUAT DATA BASE

MEMBUAT DATA BASE

MEMBUAT DATA BASE

Database digunakan untuk menyimpan data sms masuk, keluar dan data miss call, pada database ini terdapat 3 tabel yaitu :
1. tabel smsserver_in, tabel ini digunakan untuk menyimpan sms masuk
2. tabel smssever_out, tabel ini digunakan untuk menyimpan sms keluar
3. tabel smsserver_calls, tabel ini digunakan untuk menyimpan data panggilan.
Skrip kode SQL terdapat di file MYSQL.sql download disini
http://nixsms.com/download/public/panduan/MySQL.sql

F. MENJALANKAN SMSLib
Untuk mulai menjalankan SMSLib pastikan bahwa web server (apache atau IIS), mySQL, dan JRE telah diinstal semua, dan juga database dengan 3 tabel diatas juga telah diisntal. Dan juga modem gsm atau HP telah terkoneksi dengan baik.
Untuk menjalankannya klik START => ALL PROGRAM => SMSLib345 => SMSLib345
akan tampil jendela DOS seperti dibawah ini, biarkan saja jendela ini jangan ditutup agar dapat mengirim dan menerima SMS dari handphone/modem gsm.

Anda bisa memperhatikan tabel smsserver_in, semua sms yg ada di handphone anda akan masuk ke tabel ini, bila anda ingin mengirim SMS, cukup masukkan data ke tabel smssever_out,untuk mecobanya bisa menggunakan PHPMyAdmin

kalo kita perhatikan jendela SMSLib akan ada teks berjalan seperti tampilan dibawah ini

itu artinya sedang proses kirim SMS, untuk mengetaui apakah SMS sudah terkirim, cek tabel smsserver_out pada field status, bila sudah terkirim maka statusnya adalah S bila tidak terkirim maka status U (Unsent) atau F (Failed).

G. PENUTUP
Anda dapat mengintegrasikan SMS Gateway ini dengan software anda misalnya software sekolah untuk pemberitahuan kehadiran siswa kepada orang tua via SMS, atau software akuntasi untuk mengecek penjualan via SMS dan lain sebagainya. Karena penyimpanan data SMS disimpandi database populer maka anda membuat tampilan antar muka dengan menggunakan bahasa pemrograman php, java, visual basic atau bahasa lain yang bisa terkoneksi dengan mySQL.

Baca Juga :