Beragam Manfaat Anggur

Anggur merah mudah ditemukan di pasar tradisional, toko buah, dan mal. Selain menyegarkan, anggur merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat anggur merah yang bisa Anda nikmati.

Lindungi hati

Buah yang berubah menjadi merah dari flavonoid ini efektif melindungi dari penyakit jantung. Flavonoid mencegah penggumpalan darah dan oksidasi serta mengurangi risiko penyakit jantung. Kulit buah anggur merah terdiri dari antosianin yang melindungi jantung. Selain daging, ekstrak anggur merah dikatakan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah setelah penggunaan selama 30 hari.

Kesehatan otak

Manfaat lain dari anggur merah adalah menyehatkan otak. Satu studi menemukan bahwa orang yang minum anggur merah meningkatkan fungsi otak hipokampus, yang bertanggung jawab untuk memori.

manfaat anggur

Kulit yang cantik

Anggur merah mengandung resveratrol. Resveratrol dikenal menyehatkan dan mempercantik kulit. Anggur merah mengandung antioksidan 50 kali lebih banyak daripada vitamin E dan 20 kali lebih banyak dari vitamin C.

Menurunkan berat badan

Tanpa kalori, anggur merah harus dimiliki oleh siapa pun yang sedang diet. Setengah cangkir jus anggur merah hanya mengandung 23 kalori. Buah manis ini sebenarnya merupakan sumber nutrisi yang tinggi. Menurut sebuah penelitian, resveratrol anggur merah dapat menyebabkan penurunan berat badan saat otot kehilangan energi dan gagal.

Menghilangkan nyeri lutut

Studi di Amerika Serikat telah mengkonfirmasi manfaat anggur merah berikut: Konsumsi anggur merah secara teratur mencegah nyeri lutut, terutama jika menyebabkan osteoartritis. Anggur merah mengandung polifenol, yang membuat persendian lebih fleksibel. Anggur merah juga membantu menurunkan kadar asam urat, yang bisa menyebabkan nyeri lutut.

Baik untuk kesehatan mata

Jika ingin mata sehat, anggur merah bisa jadi masalah. Karena itu, anggur merah dapat meningkatkan protein pelindung retina dan mencegah stres oksidatif. Flavonoid dalam anggur merah dapat mencegah katarak.

Tingkatkan kekebalan

Jika daya tahan tubuh Anda kurang baik, mengonsumsi anggur merah mungkin merupakan jawaban yang tepat. Karena resveratrol yang tinggi, secara alami meningkatkan sistem kekebalan.

Menghadapi peradangan

Ada dua jenis peradangan: peradangan akut dan peradangan kronis. Anggur merah mengandung dua jenis enzim yang dapat melawan peradangan. Peradangan ini diketahui menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung. Resveratrol memiliki tugas untuk mencegah hal tersebut.

Mengandung Kalium

Setiap 100 gram anggur merah mengandung 191 miligram potasium. Buah yang tinggi potasium dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan kesehatan jantung.

Antibakteri dan antivirus

Anggur merah dapat melindungi Anda dari banyak virus dan penyakit. Ini karena kandungan zat antibakteri dan antivirus yang tinggi dalam anggur merah. Tak heran, anggur merah sering digunakan untuk melawan berbagai penyakit, termasuk virus polio dan herpes.

Meningkatkan fungsi ginjal

Anggur merah dapat menurunkan asam urat dalam tubuh Anda. Asam dikeluarkan dari tubuh, yang mengurangi tekanan pada ginjal. Hal ini diharapkan dapat membantu mencegah penyakit ginjal.

Untuk penyakit neurodegeneratif

Resveratrol dalam anggur merah telah terbukti dapat melawan penyakit seperti penyakit Alzheimer. Antioksidan buah ini membantu mencegah bentuk tubuh, dan anggur merah dipercaya dapat meningkatkan daya ingat otak.

Mencegah dan melawan kanker

Kadar resveratrol anggur merah dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari dan melindungi dari kanker kulit. Para peneliti telah menemukan bahwa resveratrol dapat melindungi tubuh dari radiasi selama pengobatan kanker.