Makanan Khas Indonesia

    Home/Pendidikan / Makanan Khas Indonesia
Makanan Khas Indonesia

Makanan Khas Indonesia

Posted in Pendidikan gjlkc 0

Makanan Khas Indonesia

Makanan Khas Indonesia

 

Makanan Khas Jakarta DKI Betawi

Kota Jakarta memiliki beragam masakan khas sebagai kekayaan kuliner Indonesia. Sebagai kota metropolitan Jakarta banyak menyediakan makanan khas tidak hanya dari indonesia tapi juga bertaraf internasional.
Salh satu ciri dari makanan khas Jakarta adalah memiliki rasa yang gurih. Makanan khas jakarta tersebut sangat nikmat jika di nikmati sembari minum teh. Makanan-makanan khas dari Betawi atau makanan khas DKI di antaranya adalah:

1. Kerak Telor

Makanan khas yang satu ini identik dengan event Pekan Raya Jakarta (PRJ). Anda bisa membeli setiap ada PRJ di selenggarakan. Sekarang ini, makanan kerak telor yang asli betawi ini menjadi makanan langka.Kerak telor memiliki rasa yang gurih. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kerak telor yaitu beras ketan putih, telur ayam atau bebek, udang yang digoreng kering, bawang merah goreng, kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir. Rasa gurih pada kerak telor bersumber dari campuran udang, bawang merah, kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, dan gula pasir.

2. Kembang Goyang

Makanan khas Betawi Jakarta ini, kini juga sudah mulai jarang ditemui. Rasanya yang gurih sangat sesuai untuk dijadikan sebagai teman minum teh.

3. Roti Buaya

Makanan khas DKI jakarta ini sering di jumpai saat ada upacara lamaran. Makanan dengan bentuk buaya ini penciptaannya terinspirasi dari kebiasaan buaya yang hanya menikah sekali sepanjang hidupnya. Oleh karena iti roti buaya sering dijadikan sebagai simbol kesetiaan pasangan yang telah menikah. Roti buaya ini biasanya selalu hadir di setiap acara pernikahan adat Betawi.

4. Kue Rangi

Makanan khas dari Betawi ini kini juga jarang ditemui. Kue ini terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan kelapa yang sudah diparut kasar. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, dulu pada saat proses pembuatannya orang memanggang kue rangi ini dengan menggunakan api yang berasal dari kayu bakar atau arang. Kue yang di hasilkan menjadi lebih wangi dan harum.