Macam Sedimentasi

Macam Sedimentasi

Klasifikasi sedimentasi didasarkan pada konsentrasi partikel dan kemampuan partikel untuk berinteraksi. Klasifikasi ini dapat dibagi kedalam empat tipe (lihat juga Gambar 2.1), yaitu:

Settling tipe I (discrete particle settling)

pengendapan partikel diskrit, yaitu pengendapan yang memerlukan konsentrasi suspended solid yang paling rendah, sehingga analisisnya  menjadi yang paling sederhana. Partikel mengendap secara individual dan tidak ada interaksi antar-partikel. Contoh aplikasi dari Discrete settling adalah grit chambers.


Settling tipe II (floculant settling): pengendapan partikel flokulen, terjadi interaksi antar-partikel sehingga ukuran meningkat dan kecepatan pengendapan bertambah. Flocculant settling banyak digunakan pada primary clarifier


Settling tipe III (hindered settling): pengendapan pada lumpur biologis, dimana gaya antar partikel saling menahan partikel lainnya untuk mengendap. Konsentrasi partikel adalah tidak terlalu tinggi (cukup) kemudian partikel  bercampur dengan   partikel    lainnya dan kemudian mereka karam bersama-sama.


Settling tipe IV (compression settling): Pengendapan secara pemampatan. terjadi pemampatan partikel (kompresi) yang telah mengendap yang terjadi karena berat partikel


Sumber: https://teknikutama.co.id/mushroom-apk/