LINGKUNGAN PERKANTORAN YANG SEHAT

LINGKUNGAN PERKANTORAN YANG SEHAT

2.2.1 Ergonomics

Lingkungan kantor sedikit banyak akan mempengaruhi fisik maupun psikologis pegawai ketika melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Manajer Administrasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang bisa membuat pegawainya bekerja secara efisien dan efektif, serta meminimalkan kemungkinan pegawai mendapatkan cedera ketika melakukan pekerjaannya. Oleh karena itu, dengan mempelajariErgonimics, yang didefinisikan oleh Odgers (2005) sebagai ilmu terapan yang digunakan untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan tingkat kenyamanan, efisiensi, dan keamanan dalam mendesain tempat kerja demi memuaskan kebutuhan fisik dan psikologis pegawai di kantor. Lingkungan yang tidak sehat dan nyaman akan menurunkan tingkat produktivitas maupun moral pegawai.

2.2.2 Smart Office

Tren teknologi masa kini memungkinkan dilakukannya integrasi beberapa komponen lingkungan kantor, seperti pencahayaan, AC, maupun konservasi energy melalui komputerisasi kantor, yang disebut smart office.

Beberapa fitur dari smart office menurut Burton, dkk (2000) antara lain:

  • Small-zone areas dengan memasang system ini, kantyor hanya menyalakan system yang terbatas pada area yang digunakan pegawai ketika mereka lembur maupun bekerja pada hari minggu atau hari libur lainnya.
  • Smart wired telecommunication system. Termasuk dalam system ini adalah penggunaan telepon untuk berbagai fungsi, misalnya komunikasi data dan suara, email, manajemen energi maupun perlindungan kebakaran.

2.2.3 Green office management

Dewasa ini semakin banyak perusahaan yang tertarik untuk mengimplementasikan green office management  untuk mengelola kantornya. Perkantoran hijau (green office) adalah system manajemen lingkungan (environmental management system/EMS) yang praktis dan sederhana dan dikembangkan khusus untuk kondisi perkantoran. Upaya ini dilakukan untuk membantu dan mendukung para manajer perkantoran untruk mendorong ke gaya hidup operasioanal kantor yang lebih ramah lingkungan. Target pelaksanaan kantor hijau meliputi, mengurangi konsumsi sumber daya alam melalui perbaikan system manajemen lingkungan kantor, mempromosikan praktik lestari melalui peningkatan kesadartahuan karyawan, dan mempromosikan cara-cara mitigasi perubahan iklim lewat penghematan energi dan pemakaian energi terbarukan.


Baca Juga :