Layanan Referensi

    Home/Pendidikan / Layanan Referensi
Layanan Referensi

Layanan Referensi

Posted in Pendidikan gjlkc 0

Layanan Referensi

Konsep Layanan Referensi:
layanan referensi merupakan anggota sarana perpustakaan yang secara segera berhubungan bersama dengan pembaca di dalam menambahkan informasi dan pemakaian perpustakaan untuk keperluan riset & studi.

Fungsi Layanan Referensi, yakni agar service informasi sanggup berlangsung bersama dengan baik, terlebih sebagai petugas sangat harus menyadari terlebih dahulu fungsi-fungsi referensi diantaranya adalah :
>Fungsi Informasi; Untuk menambahkan informasi kepada pengunjung yaitu, menambahkan jawaban pertanyaan singkat maupun penelusuran informasi yang luas dan juga detil cocok kebutuhan pemakai.
> Fungsi Bimbingan; Petugas referensi harus menyediakan pas kegunaan menambahkan bimbingan kepada pengguna perpustakaan untuk mendapatkan bahan pustaka yang dibutuhkan.
> Fungsi Intruksi; Sebagai cara untuk memperkenalkan kepada pemakai mengenai bagaimana menggunakan perpustakaan yang baik, dan juga bisnis untuk menggairahkan dan tingkatkan pemakaian perpustakaan.
>Fungsi Supervisi; Yaitu jalankan pengawasan terhadap pengawasan terhadap pengaturan personil, koleksi , ruangan , tata tertib, jam layanan, dsb.
>Fungsi bibliografis; Petugas referensi harus secara tertata menyusun daftar bacaan / bibliografi untuk keperluan penelitian / mengenal bacaan yang baik dan menarik
>Fungsi Evaluasi; Yaitu merupakan upaya evaluasi terhadap sumber – sumber reverensi.

Jenis-jenis koleksi referensi
a)Kamus
Kamus merupakan bahan rujukan yang berisi kalimat disertai arti (arti) & disusun urut abjad, terkadang dilengkapi bersama dengan cara pengejaan, penulisan
Etimologi (suku kata), sinonim (persamaan), antonim (lawan kata), dan juga sintaksis (penggunakan di dalam kalimat).
b)Ensiklopedi
Ensiklopedi merupakan bahan rujukan yang berisi gambaran ringkas mengenai beraneka topik / subyek yang umum bersama dengan disusun secara alfabetis, terkadang disertai deskripsi, definisi, dan informasi bibliografis.
c)Direktori
Direktori adalah buku panduan yang berisi daftar nama – nama orang atau nama – nama organisasi yang disusun secara alfabetis dan sistematis menurut subjek.
d)Almanak
Almanak disusun secara kronologis, berdasarkan pas yang biasanya berisi informasi mengenai ramalan-ramalan cuaca, information statistik organisasi atau lembaga, dan catatan-catatan mengenai perihal atau moment yang nyata dan berupa mutakhir. Almanak adalah buku yang berisi informasi mengenai information atau statistik yang tentang bersama dengan negara, kejadian, pejabat, subjek dan kehidupannya.
e)Biografi
Arti dan obyek Biografi ialah Menulis sejujur bisa saja riwayat hidup seseorang berasal dari lahir hingga saatnya meninggal dan didalamnya diungkapkan beraneka – macam aspek, sifat, pribadi, dan juga pandangan hidupnya.
f )Buku statistik
Buku yang berisi sumber informasi siap menggunakan di dalam bidang ilmu tertentu.
g)Sumber geografi
Sumber geografi yang biasanya berupa peta / atlas.
h)Buku tahunan
Buku tahunan adalah terbitan tahunan, yang isinya membicarakan pertumbuhan di dalam setahun, merekam informasi terbaru, dan dihidangkan bersama dengan wujud tipe statistik.
i)Buku petunjuk
Buku panduan adalah terbitan, berisi panduan dan ketentuan berasal dari suatu subjek.
j)Buku pegangan
Buku pegangan (handbook) berisi informasi mengenai petunjuk, identifikasi suatu masalah secara mendasar seperti tabel-tabel, simbol, formula, dan istilah / suatu subjek yang digunakan sebagai acuan / yang dibahasnya.
k)Bibliografi
Bibliografi adalah daftar buku atau bahan cetak yang pernah ditulis / diterbitkan.
l)Indeks
Indeks adalah buku yang menunjukan lokasi suatu artikel yang ditulis oleh seseorang.
m)Sumber Elektroniks
Perkembangan teknologi pas ini terlalu mungkin sumber referensi tidak hanya berupa buku atau bahan tertulis, tapi sanggup terhitung bersama dengan internet.

Jenis Jasa Layanan Referensi
Secara garis besar sarana referensi sanggup digolongkan jadi tiga anggota sebagai berikut.
1)Jasa Dasar
Jasa ini merupakan sarana yang harus dilakukan oleh tiap tiap perpustakaan yang meliputi lima hal yaitu; menambahkan informasi umum, penyediaan informasi tertentu yang meliputi bimbingan cara menggunakan koleksi yang ada di perpustakaan, perlindungan menggunakan katalog, perlindungan menelusuri dokumen, dan juga bimbingan menggunakan buku referensi.
2)Jasa Yang Lazim Dilakukan;
<>Jasa pinjam antar perpustakaan
Jasa ini dilaksanakaan sekiranya ada keterbatasan perpustakaan di dalam hal ruangan dan juga dana yang tersedia.
<>Koleksi tandon
Umumnya, koleksi tandon hanya untuk dibaca di area dan dihidangkan sebagian kopi per judul yang dihidangkan menurut kebutuhan.
<>Pendidikan pemakai
Dilakukan bersama dengan obyek memperkenalkan kepada pengguna cara mendapatkan koleksi buku atau bahan pustaka yang di cari bersama dengan cepat.
<>Kunjungan perpustakan
Umumnya dilakukan secara berkelompok, baik oleh para mahasiswa, pelajar, peserta kursus, dll.
<>Menyelenggarakan pameran
Dilaksanakan bersama dengan memamerkan / menampilkan bahan pustaka yang baru ataupun bersama dengan tema tertentu.
<>Jasa bimbingan pembaca
Berkaitan bersama dengan bimbingan bacaan bagi perseorangan mengenai apa yang baik dibaca.
<>Memberi izin pas bagi pemakai bukan anggota
<>Membantu penerbitan perpustakaan
<>Jasa pengindeksan dan abstrak
<>Kompilasi bibliografi
<>Pembuatan guntingan ( kliping )
<>Pembuatan jajaran vertikal berisi pamflet, prospektus, brosur, dan lain – lain.

Jasa Yang Jarang Dilakukan;
<>Jasa terjemahan
Layanan ini biasanya / terkadang dihidangkan oleh perpustakaan instansi BUMN ataupun swasta yang bonafide.
<>Jasa referal
Jasa ini merupakan tugas yang utama, bakal tapi jarang dilakukan dikarenakan tugas yang berat bagi petugas referensi ( pustakawan ).

Pertanyaan Referensi
<Bersifat bimbingan ( direction )
Jenis sarana seperti ini tetap perlu bimbingan berasal dari petugas perpustakaan atau pustakawan.
<Ready reference
Jenis pertanyaan referensi seperti ini tidak memerkukan kesimpulan atau bimbingan berasal dari petugas perpustakaan. Pertanyaan berasal dari pemakai memadai dijawab bersama dengan satu sumber yang telah tentu dan siap pakai.
<Penelusuran ( Search )
Jenis pertanyaan referensi seperti ini tetap perlu penelusuran dan biasanya pertanyaan perlu anaisis tertentu. Jika ada pemakai menghendaki jawaban yang lebih rinci, petugas referens harus mencari sumber informasi lain cocok bersama dengan yang dibutuhkan.
Berikut ini unsur sarana referensi.
>Petugas
Permintaan informasi biasanya sangat banyak variasi dan perlu jawaban yang cepat dan tepat.
>Sarana dan prasarana
Fasilitas sarana sebaiknya ikuti pertumbuhan teknologi. Sebaiknya perpustakaan menyediakan ruangan khusus, dan terpisah untuk sarana referensi. Meja informasi diletak sebaik mungkin, dan diusahakan enteng dilihat, agar sanggup digunakan untuk mengawasi ruangan koleksi, dan juga pemakai secara menyeluruh. Ruangan ditata, sebaik bisa saja agar para pemakai jadi nyaman dan damai.
>Pemakai
Latar belakang pendidikan dan pekerjaan pemakai perpustakaan harus diketahui untuk mendapat gambaran kebutuhan informasi dan kebolehan mereka di dalam mencari sumber referensi.

Baca Juga :