Kiprah RUMAN Aceh: Sediakan Bacaan Gratis, Pinjamkan Ribuan Buku

Kiprah RUMAN Aceh Sediakan Bacaan Gratis, Pinjamkan Ribuan Buku

Kiprah RUMAN Aceh Sediakan Bacaan Gratis, Pinjamkan Ribuan Buku

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe

(RUMAN) Aceh, telah meminjamkan 8.509 bahan bacaan sepanjang tahun 2019 kemarin. Buku-buku disediakan pustaka lapangan dalam program Wisata Buku Gratis MIBARA (Minggu Baca Rame-rame) yang digelar pada setiap hari Minggu, di lapangan Blang Padang, Banda Aceh.
“Sepanjang tahun 2019 kemarin, kami menggelar MIBARA 46 kali. Dari sekian banyak pengunjung yang mampir, 2.422 orang di antaranya meminjam 8.509 bahan bacaan secara gratisan,” kata Ketua TBM RUMAN Aceh, Fadillah Islami Chaniago, di Banda Aceh, Senin (13/1).

Selain gratis membaca di tempat, setiap pengunjung dapat meminjam maksimal hingga 5 buku

selama satu pekan dengan cara sangat gampang. Hanya mendaftarkan nama, alamat beserta nomor handphone. Program MIBARA sendiri telah digagas lembaga tersebut sejak 18 Mei 2014 silam.
1. Pengunjung sedang menikmati bacaan gratis di lapak MIBARA RUMAN Aceh (4).jpg
Buku-buku bacaan RUMAN Aceh.
Suhartini, salah seorang pengunjung tetap MIBARA merasakan manfaat yang besar dari program RUMAN Aceh ini. Bila tidak ada halangan yang bersifat darurat, dia selalu menikmati bacaan di lapak MIBARA bersama keluarganya.

“Sudah hampir 4 tahun kami sekeluarga menikmati bacaan gratis yang disediakan RUMAN Aceh.

Kami merasakan manfaat yang sangat besar. Bahkan, sekolah tempat saya mengajar, juga telah menjalin kerjasama dengan RUMAN Aceh,” ujarnya.
Sementara itu, Pembina TBM RUMAN Aceh, Ahmad Arif, menuturkan pihaknya telah menerima sumbangan 6.737 bahan bacaan dari masyarakat di dalam dan luar Aceh sepanjang tahun 2019. Termasuk beberapa instansi pemerintah dan atau swasta.
2. Suasana peminjaman bacaan di lapak MIBARA RUMAN Aceh (2).jpg
Warga meminjam buku.
Sumbangan secara sukarela tersebut berasal dari 157 penyumbang, terdiri dari 6.571 buku, 166 majalah plus uang Rp 12,5 juta, untuk keperluan membeli bacaan baru.
“Terima kasih kami haturkan kepada semua pihak yang telah peduli dan berbagi,” tutur Arif.
Bacaan yang disumbangkan tersebut, disebarkan ke 52 titik program rumah pustaka RUMAN Aceh di 12 daerah Kabupaten/Kota se Aceh seperti Aceh Jaya, Aceh Singkil, Aceh Tenggara dan Bener Meriah.

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/