Kasus Computer Crime / Cyber Crime

    Home/Pendidikan / Kasus Computer Crime / Cyber Crime
Kasus Computer Crime / Cyber Crime

Kasus Computer Crime / Cyber Crime

Posted in Pendidikan gjlkc 0

Kasus Computer Crime / Cyber Crime

Kasus Computer Crime Cyber Crime

Kasus Computer Crime Cyber Crime

Bnyak faktor yang menyebabkan adanya kasus computer crime / cyber crime dan salah satunya adalah tidak adanya hukum yang tegas akan tindak pidana teresebut. Sangat disayangkan mengingat kerugian yang dapat ditimubulkan tidaklah sedikit, baik segi materi, moral dan waktu. Simaklah baik-baik artikel ini dimana rentannya hukum telah menjadi harapan-harapan untuk dapat melakukan kejahatan tersebut.

Perkembangan global internet sebagai ‘milik’ publik menyiratkan adanya harapan-harapan akan terjadinya perubahan ruang dan jarak. Perkembangan tersebut juga diramalkan akan menuju pada terbentuknya entitas dengan sistem tingkah laku tertentu, melalui pola-pola pengujian dengan unsur-unsur dominan berupa pengalaman dan budaya dalam penggunaan informasi.

Semua itu pada gilirannya harus diakui oleh hukum mana pun di semua belahan bumi, yang tentu saja berbeda-beda impaknya terhadap kaitan antara hukum dengan ekonomi, politik ataupun ideologi.

Hubungan antara hukum dan tekhnologi internet tentu saja akan menjadi unik. Dunia cyber sebagai manifestasi sistem informasi dan telekomunikasi yang terpadu dalam suatu jaringan global, adalah ruang tanpa batas yang dapat diisi dengan sebanyak mungkin kategori.

Baik yang sudah ada, akan ada, dan mungkin akan terus berkembang. Dari perdagangan, perhubungan, kesehatan, sampai militer, dan sebagainya, dan seterusnya. Bahkan anda sendiri dapat membentuk komunitas dari tingkatan keluarga, arisan sampai pada tingkatan sebuah negara di dunia cyber yang tiada batas (unlimited world).

Hukum dan alat perlengkapannya tentu juga terus berkembang. Yang menjadi masalah adalah apakah hukum dapat berkembang sepesat dan secepat perkembangan dunia cyber? Bahkan pada taraf ‘unlimited’ yang bisa melanda semua kategori yang sempat terpikirkan manusia seperti u-commerce, u-banking, u-trade, u-retailing dan ‘u’-‘u’ lainnya.

Terus berkembangnya pemanfaatan teknologi internet untuk berbagai kegiatan konvensional sehari-hari telah membuka jalan bagi ‘kebebasan cyber’. Baik untuk kegiatan bisnis maupun dalam kegiatan awam sehari-hari, segala sesuatu yang terjadi dalam dunia cyber dapat dilakukan dengan mudah, bebas, canggih, cepat, efisien. Tak perlu lagi bertemu muka secara langsung. Semua ini tentu akan menimbulkan masalah apabila tidak atau belum secara utuh diatur oleh hukum.