Kapan Sebaiknya Punya Bayi lagi

Kapan Sebaiknya Punya Bayi lagi

Kapan Sebaiknya Punya Bayi lagi

Keluarga berencana yang modern adalah keluarga yang dapat merencanakan kehidupan mereka pada tingkat kepastian memuaskan.

Keluarga kecil sekarang lebih trend untuk orang tinggal di kota. Orang tua mulai memikirkan berapa lama selang waktu terbaik untuk mempunyai anak yang berikutnya.

Telah lama dokter memperhatikan bahwa wanita yang hamil lagi segera setelah melahirkan mempunyai kecenderungan bayi yang akan lahir kemudian akan kecil atau lahir secara prematur (belum waktunya).

Penelitian terhadap 150.000 bayi yang lahir antara 1989 and 1996 menyatakan bahwa selang waktu pembuahan yang paling baik untuk bayi yang berikutnya adalah antara 18 sampai 23 bulan.

Bayi yang dibuahi sebelum 6 bulan setelah kelahirannya dibandingkan periode waktu yang terbaik mempunyai resiko 40% lebih besar terjadinya kelahiran prematur dan berat badan kurang waktu dilahirkan.

Yang menarik, hasil serupa juga terjadi jika interval antara anak berikutnya lebih lama dari interval waktu yang direkomendasikan.

Penanganan bayi kecil dan prematur dengan ilmu kedokteran modern dapat membuat hasil yang sama dengan bayi biasa. Tetapi bagi mereka yang ingin meminimalisasi kemungkinan sekecil apapun sebaiknya interval usia anak-anaknya antara 2-3 tahun.

Baca Juga :