Gejala Endometriosis yang Semua Wanita

Endometriosis adalah keadaan di mana jaringan yang serupa bersama dengan jaringan yang melapisi bagian didalam rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim. Kondisi ini ditandai bersama dengan lebih dari satu gejala, yang paling lazim adalah nyeri saat menstruasi. Apa saja gejala endometriosis lainnya? Simak selengkapnya didalam artikel ini!

Gejala Endometriosis
Endometriosis paling kerap menyerang indung telur, tuba fallopi, dan jaringan yang melapisi panggul. Kondisi ini kadangkala dapat menyebabkan nyeri yang kadangkala kerap disalahartikan sebagai nyeri menstruasi biasa. Padahal keadaan ini membutuhkan penanganan lebih lanjut gara-gara dapat menyebabkan kasus kesuburan.

Berikut adalah beragam gejala endometriosis yang wajib dikenali tiap-tiap wanita:

1. Kram Perut dan Gejala Lain Saat Menstruasi
Gejala endometriosis yang pertama adalah kram kala menstruasi yang jauh lebih kuat daripada kram biasa.

Pada kasus endometriosis, jaringan yang serupa endometrium ini melakukan tindakan seperti endometrium, yang menebal, rusak, dan berdarah tiap-tiap menstruasi. Bedanya adalah jaringan ini tidak mempunyai cara untuk keluar dari tubuh dan terperangkap. Hal ini lah yang menyebabkan gejala kram ini berkunjung di kala menstruasi.

Selain merasakan kram yang benar-benar berat, wanita bersama dengan endometriosis termasuk dapat merasakan gejala lain seperti:

Migrain
Kelelahan
Mual
Diare
Alergi yang memburuk selama menstruasi
2. Pendarahan Berlebihan
Endometriosis termasuk umumnya menyebabkan Anda mengalami pendarahan berlebihan.

Ini dapat menyebabkan Anda mempunyai era menstruasi yang lebih lama. Terkadang pendarahan di pada menstruasi termasuk dapat terjadi.

3. Nyeri Panggul
Selain kram perut, gejala endometriosis yang termasuk lazim setelah itu adalah nyeri panggul.

Nyeri ini dapat mulai berlangsung didalam pada lebih dari satu hari sebelum haid dan berlangsung selama lebih dari satu hari. Terkadang rasa nyeri ini benar-benar menusuk dan bahkan tidak dapat hilang bersama dengan menggunakan obat nyeri yang dijual bebas.

Sensasi yang dirasakan lebih dari satu wanita adalah seperti bagian didalam tubuhnya ditarik ke bawah dan menghasilkan rasa sakit berdenyut yang parah.

4. Sakit Punggung
Nyeri lainnya yang bisa saja dirasakan oleh penderita endometriosis adalah nyeri di bagian punggung.

Hal ini disebabkan gara-gara rahim dan indung telur mempunyai posisi tidak jauh dekat bersama dengan punggung. Rasa sakit yang hebat pada jaringan yang sakit selanjutnya dapat menyebar hingga area ini.

5. Nyeri Kaki
Endometriosis termasuk dapat menyebabkan nyeri kaki didalam lebih dari satu kasus.

Hal ini disebabkan gara-gara endometriosis mempengaruhi saraf yang mengakses ke selangkangan, pinggul, dan termasuk kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda ada masalah berlangsung hingga tidak dapat melaksanakan kegiatan bersama dengan normal.

6. Sakit Ketika Berhubungan Seksual
Kondisi ini termasuk dapat menyebabkan rasa sakit saat melaksanakan pertalian seksual.

Rasa sakit ini bahkan dapat bertahan hingga 2 hari setelahnya. Sebagian wanita merasakan rasa sakit yang menusuk dan tajam saat berhubungan seks, lebih dari satu lainnya merasakan nyeri di area panggul.

Rasa sakit ini umumnya keluar andaikata endometriosis berada di belakang vagina atau bagian bawah rahim. Endometriosis yang tersedia di indung telur umumnya tidak menyebabkan sakit saat berhubungan seksual.

Sakit saat berhubungan seksual dapat menjadi tanda gejala endometriosis gawat di mana endometriosis bisa saja keluar di lebih dari satu tempat.

7. Masalah Buang Air Besar dan Kecil
Kondisi ini termasuk dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat buang air besar dan kecil.

Anda bisa saja dapat merasakan nyeri saat buang air, tetapi keadaan ini termasuk tergantung pada di mana letak endometriosis tersebut. Selain menyebabkan rasa sakit, lebih dari satu orang termasuk merasakan gejala kasus seperti sembelit dan buang air besar berdarah.

8. Ketidaksuburan
Ketidaksuburan atau ada masalah hamil termasuk dapat menjadi keliru satu gejala endometriosis parah.

Gejala ini dapat keluar andaikata jaringan yang tumbuh selanjutnya menyebabkan jaringan parut yang mempengaruhi tuba fallopi dan menyebabkan telur dan sperma tidak dapat bertemu. Kondisi ini termasuk dapat menyebabkan sel telur yang udah dibuahi menjadi susah tertanam di susunan rahim.

Tingkat Keparahan Endometriosis
Terkadang rasa sakit yang lebih gampang belum tentu pertanda gejala endometriosis gampang dan termasuk sebaliknya. Terdapat lebih dari satu segi yang digunakan untuk mengukur tingkat keparahan endometriosis meliputi lokasi, jumlah, ukuran dan kedalaman penempelan endometrium di tubuh.

Berikut adalah 4 langkah atau model dari endometriosis:

Minimal: terdapat luka atau lesi kecil dan penempelan endometrium tetap dangkal didalam ovarium, bisa saja terdapat peradangan di didalam atau sekitar rongga panggul.
Ringan: terdapat lesi gampang dan penempelan dangkal pada ovarium dan pelvis.
Sedang: terdapat penempelan didalam pada susunan ovarium dan pelvis dan bisa saja terdapat lebih banyak lesi.
Berat/parah : terdapat penempelan yang didalam pada ovarium dan susunan pelvis, terdapat termasuk lesi pada tuba fallopi dan bisa saja usus.
Apakah Endometriosis dapat Sembuh?
Pada dasarnya tidak tersedia obat untuk mengatasi keadaan ini, tetapi terdapat lebih dari satu perawatan untuk mengatasi gejala. Penggunaan obat penghilang rasa sakit dan terapi hormon dapat dilaksanakan untuk meredakan gejala.

Dokter bisa saja dapat merekomendasikan prosedur operasi bagi Anda yang merencanakan kehamilan. Operasi konservatif dilaksanakan untuk mengangkat penempelan endometrium sambil menjaga rahim dan ovarium. Cara ini bisa saja dapat membantu menambah bisa saja untuk hamil.

Sayangnya meskipun udah dilaksanakan operasi, endometriosis dapat kembali. Setelah prosedur operasi dokter umumnya termasuk dapat merekomendasikan terapi hormon untuk mengatasi rasa sakit.

Endometriosis adalah keadaan yang membutuhkan penanganan jangka panjang. Jika Anda mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, segera konsultasikan diri ke dokter untuk menegaskan keadaan Anda.

Beberapa gejala endometriosis bisa saja serupa bersama dengan kasus proses reproduksi lainnya, sehingga dibutuhkan pengecekan lebih lanjut untuk menegaskan keadaan ini.

Artikel lainnya : teknik dasar permainan sepak bola

Baca Juga :