Defenisi vibrio el tor dan Sifatnya

El Tor adalah jenis mikroorganisme untuk suatu strain tertentu dari bakteri Vibriocholerae, agen penyebab kolera. Juga dikenal sebagai eltor biotipe kolera V., telahstrain dominan dalam pandemi global ketujuh. jenis kolera yang lebih keras dan dapat mematikan penderitanya. Hal ini dibedakan dari strain klasik  pada tingkat genetik, meskipun keduanya dalam serogrup O1 dan keduanya mengandung Inaba, Ogawa dan serotipe Hikojima. Hal ini juga dibedakan dari biotipe klasik oleh produksi hemolysins. Sifat bakteri el tor sama dengan Vibrio cholera.

Kerajaan: Bacteria
Filum: Proteobacteria
Kelas: Gamma Proteobacteria
Ordo: Vibrionales
Famili: Vibrionaceae
Genus:
Vibrio El Tor

Vibrio

Spesies: V. El Tor

Vibrio El Tor tumbuh baik pada tiosulfat-sitrat-empedu-sukrosa, pH optimumnya 7,8 – 8,2 (alkalis), bakteri ini cepat mati karena asam. Perbenihan khusus untuk bakteri ini adalah perbenihan Diedonne yang mempunyai pH 8,5 – 9,5.adalah bakteri gram-negative yang berentuk batang melengkung. Bakteri ini dapat berpindah melalui air. Vibrio El Tor mengeluarkan suatu enterotoksin yang menyebabkan diare, mulai dari ringan sampai hebat, muntah, dan kehilangan cairan tubuh secara cepat, dan menyebabkan kematian dalam waktu singkat.

Sejarah

 Ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1905 di sebuah kamp karantina diSemenanjung Siniai di El-Tor, Mesir oleh seorang dokter Jerman, E. Gotschlich.Para Vibrio ditemukan di nyali dari 6 jamaah haji kembali dari Mekkah. Meskipun para peziarah gagal untuk menunjukkan ante atau bukti post mortem kolera, yangVibrio terisolasi dari keberanian itu agglutinable dalam serum anti-kolera. Kemudian pada tahun 1905, Kraus dan Pribram menemukan bahwa bakteri, yang menghasilkanhemolisin larut, lebih berhubungan dengan Vibrio non-kolera, sehingga disebutsemua Vibrio hemolitik sebagai Vibrio El Tor. Pada awal 1930-an, A. Shousha, A.Gardner dan K. Venkatraman, semua peneliti, menyarankan agar Vibrio hemolitik hanya agglutinated dengan serum anti-kolera harus dirujuk sebagai Vibrio El Tor.Pada tahun 1959, R. Pollitzer El Tor ditunjuk sebagai spesies sendiri eltor terpisahdari kolera V. V., tetapi enam tahun kemudian, pada tahun 1965, Hugh R.menemukan bahwa V. cholerae dan eltor V. adalah serupa dalam 30 positif dan 20negatif karakteristik.

Dengan demikian, mereka diklasifikasikan sebagai kolera V.spesies tunggal: Namun, Hugh percaya fitur-fitur yang berbeda antara dua bisa penting epidmiological, jadi El Tor Vibrio yang lebih diklasifikasikan sebagai eltor  biotipe V. cholerae (serogrup O1) El Tor diidentifikasi lagi dalam wabah tahun 1937, namun pandemi tidak munculsampai 1961 di Sulawesi. El Tor menyebar melalui Asia (Bangladesh pada tahun1963, India pada 1964) dan kemudian ke Timur Tengah, Afrika dan Eropa. DariAfrika Utara menyebar ke Italia oleh 1973. Luasnya pandemi telah karenakelembutan relatif (tingkat ekspresi yang lebih rendah) dari El Tor, penyakit ini telah pembawa asimtomatik lebih banyak dari pada yang biasa, outnumbering kasus aktif hingga 50:1.

 

Baca juga: