Dasar-dasar klasifikasi secara taksonomi

Dasar-dasar klasifikasi secara taksonomi

Virus dapat diklasifikasi menurut morfologi, tropisme dan cara penyebaran, dan genomik fungsional.

  • Klasifikasi virus berdasarkan tropisme dan cara penyebaran

Berdasarkan tropisme dan cara penyebaran, virus dibagi menjadi:

  • Virus Enterik

Virus yang dikeluarkan melalui kotoran dari berbagai jenis hewan dapat mencemari air. Terutama pengaruhnya terhadap kesehatan, virus dapat menyerang saluran pencernaan manusia yang diekskresikan dengan kotoran orang yang terinfeksi. Virus seringkali ditularkan melalui mulut atau anus dari orang ke orang lain. Namun, virus terebut juga terdapat pada limbah yang berasal dari berbagai limbah medis, yang dapat mencemari air atau permukaan tanah.


Virus Enterik diekskresikan dalam jumlah yang cukup besar melalui kotoran termasuk diantaranya virus polio, virus coxsackie, virus echo, dan virus enterik lainnya sepeti, virus adeno, virus reo, virus rota, virus hepatitis a (virus hepatitis), dan virus noro. Yang merupakan penyebab berbagai penyakit termasuk gastroenteritis, ruam kulit, meningitis, myocarditis, infeksi mata, kelumpuhan, demam, dan lain sebagainya., setiap kelompok virus terdiri dari sejumlah jenis virus serologi yang berbeda; dengan demikian lebih dari 100 virus enterik berbeda, yang dapat menginfeksi manusia.


  • Virus Respirasi

Virus respirasi adalah virus yang menyerang pernapasan

  • Arbovirus

Arbovirus adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepadasekelompok virusyang ditularkan oleh vektorarthropoda. Kata arbovirusa dalah akronim (virus arthropoda-borne). Gejala infeksi arbovirus umumnya terjadi 3-15 haris etelah terpapar virus dan terakhir 3 atau 4 hari.


Sumber:

https://penirumherbal.co.id/top-speed-2-apk/