Catatan Sejarah

    Home/Pendidikan / Catatan Sejarah
Catatan Sejarah

Catatan Sejarah

Posted in Pendidikan gjlkc 0

Catatan Sejarah

Catatan histori adalah sebuah bukti tertulis tentang suatu moment yang berlangsung terhadap era lalu. Banyak ahli histori beroleh sumber informasi dari sumber catatan yang ditulis / dicetak untuk menggetahui kejadian era lampau, mata uang atau sumber histori lainnya, bangunan, monumen & monumen, serta dari wawancara.Untuk histori modern, sumber – sumber utama histori adalah, gambar bergerak, foto, audio / rekaman video. Tidak semua sumber-sumber ini sanggup digunakan untuk penelitian sejarah, karena hal itu bergantung terhadap periode yang hendak diteliti / dipelajari. Penelitian histori juga bergantung terhadap historiografi, / langkah pandang sejarah, yang berlainan satu bersama dengan yang lainnya.

Ada banyak alasan mengapa orang menyimpan & memelihara catatan sejarah, termasuk; alasan politis ( fungsi berikan pujian / kritik terhadap pemimpin negara, politikus, / orang-orang penting ), alasan administratif ( contohnya: keperluan sensus, catatan pajak, dan catatan perdagangan ), , kesenian, pencapaian olah raga (contohnya; rekor Olimpiade ), alasan keagamaan, catatan keturunan ( genealogi ), catatan pribadi ( contohnya surat – menyurat ), & hiburan. Namun dalam penulisan sejarah, sumber-sumber berikut harus dipilah-pilah. Metode ini disebut kritik sumber.

Kritik sumber dibagi menjadi 2 macam, yaitu ekstern & intern. Kritik ekstern adalah kritik yang pertama kali harus dilaksanakan oleh sejarawan pas dia menulis karyanya, terlebih jikalau sumber histori itu berbentuk benda. Yakni bersama dengan melihat validisasi wujud fisik karya tersebut, terasa dari bentuk, warna & apa saja yang sanggup diamati secara fisik.Sedang kritik intern adalah kritik yang diamati dari mengisi sumber tersebut, apakah sumber sanggup dipertanggungjawabkan / tidak. Wawancara juga dipakai sebagai sumber sejarah.Namun harus pula sejarawan bertindak kronis baik dalam pemilahan narasumber hingga bersama dengan translasi ke wujud digital / tulisan.

Sumber : https://www.kumpulansurat.co.id/

Baca Juga :