Cara Mengatasi Permasalahan Sosial

Kita sudah mengetahui bahwa ada beberapa penyebab terjadinya permasalahan sosial, lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini merupakan permasalahan sosial yang ada di masyarakat, serta penjelasan tentang upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Kebodohan

Upaya – upaya untuk mengatasi masalah kebodohan dapat dilakukan dengan cara – cara berikut.
a. Memperluas kesempatan belajar bagi semua orang.
b. Membebaskan biaya pendidikan dengan memberikan subsidi pendidikan melalui sekolah – sekolah.
c. Mengembangkan gerakan orang tua asuh untuk memberikan pertolongan pada anak – anak usia sekolah yang terbentuk pada masalah biaya pendidikan.
d. Mendirikan unit – unit sekolah baru yang merata dan tersebar di seluruh pelosok tanah air.
e. Menyediakan sarana dan prasarana belajar, seperti perpustakaan desa, taman bacaan, museum, dan balai latihan kerja.
f. Program sekolah terbuka merupakan sekolah yang waktu belajarnya tidak terlalu padat dan terikat. Sekolah terbuka diperuntukkan bagi siswa yang kurang mampu. Dengan sekolah terbuka, siswa dapat sekolah meskipun sudah bekerja.
g. Program pendidikan luar sekolah biasanya berupa kursus – kursus seperti menjahit, perbengkelan, ataupun komputer. Pemerintah mengadakan program pendidikan luar sekolah agar anak – anak yang tidak sekolah atau putus sekolah dapat tetap memiliki ilmu dan keterampilan.

2. Pengangguran
Ada berbagai cara untuk mengatasi pengangguran, antara lain sebagai berikut.

A. Peningkatan Mobilitas Tenaga Kerja dan Modal
Peningkatan mobilitas tenaga kerja dilakukan dengan memindahkan pekerja ke kesempatan kerja yang ada dan melatih ulang keterampilannya, sehingga dapat memenuhi tuntutan kualifikasi di tempat baru. Peningkatan mobilitas modal dilakukan dengan memindahkan industri (padat karya) ke wilayah yang mengalami masalah pengangguran. Cara ini baik digunakan untuk mengatasi masalah pengangguran struktural.

B. Menggalakkan Program Transmigrasi
Program transmirasi merupakan cara efektif meratakan pembangunan, dan jumlah penduduk, serta untuk mengatasi masalah pengangguran. Transmigrasi adalah solusi terbaik untuk mengatasi pengangguran jika diikuti dengan memberikan pelatihan dan pemberian modal untuk membuka usaha di wilayah transmigrasi. Dengan demikian terdapat lapangan pekerjaan baru dan mengurangi jumlah pengangguran.

 

Sumber: https://wisatalembang.co.id/