Bagian-Bagian Sistem Pencernaan Pada Manusia

Bagian-Bagian Sistem Pencernaan Pada Manusia

  1. Pencernaan Mekanis

Merupakan pemecahan atau penghancuran makanan secara fisik atau proses pencampuran makanan dengan getah (enzim) pencernaan.


  1. Pencernaan Kimiawi

Merupakan proses pemecahan makanan dari molekul kompleks menjadi molekul – molekul yang sederhana dengan bantuan getah pencernaan (enzim) yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan.

Saluran pencernaan terdiri dari alat-alat pencernaan yang berhubungan langsung dengan proses pencernaan mekanis dan kimiawi.


1) Mulut

Mulut manusia berupa rongga yang dilapisi oleh jaringan epitel pipih berlapis banyak. Dalam rongga tersebut terdapat alat pencernaan seperti gigi, lidah, dan kelenjar ludah (kelenjar saliva) yang membantu proses pencernaan mekanis dan kimiawi.


  • Gigi

Struktur gigi pada manusia dapat dibedakan atas gigi sulung (gigi susu) dan gigi tetap. Gigi yang pertama kali tumbuh sejak anak berusia enam bulan disebut gigi susu. Gigi susu berangsur – angsur akan berubah menjadi gigi sulung.


Berdasarkan strukturnya, jenis gigi pada manusia dibedakan menjadi empat jenis, yaitu :

  1. Gigi seri (incisor)
  2. Gigi taring (canius)
  3. Gerahan depan (premolar)
  4. Gerahan belakang (molar)

  • Lidah

Selain gigi, dalam rongga mulut manusia juga terdapat lidah, selain sebagai alat pengecap.


Lidah dalam pencernaan makanan berfungsi untuk :

  1. Mencampurkan makanan
  2. Mendorong makanan dalam proses menelan, dan
  3. Membersihkan mulut dari sisa makanan

Lidah membentuk lantai pada rongga mulut. Dibagian belakang, otot-otot lidah melekat pada tulang hyoid (tulang pangkal lidah yang berbentuk seperti huruf V). permukaan lidah penuh dengan tonjolan (papilla) yang mengandung putting-putting pengecap, sehingga lidah dapat merasakan makanan seperti asam, manis, pahit dan asin.


  • Kelenjar ludah

Pada rongga mulut terdapat tiga macam kelenjar ludah (saliva) yang menghasilkan cairan ludah.

  1. Kelenjar parotis, yang terletak didekat telinga,
  2. Kelenjar submaksilaris yang terletak di bawah rahang atas,
  3. Kelenjar submandibularis yang terletak di bawah lidah

Cairan ludah berfungsi untuk :

  • Memudahkan dalam menelan makanan karena makanan tercampur dengan lender dan air.
  • Melindungi rongga mulut dari kekeringan,panas, asam dan basa.
  • Membantu pencernaan kimiawi, karena kelenjar ludah menghasilkan enzim ptyalin (amylase) yang berperan dalam pencernaan amilun menjadi maltosa dan glukosa, enzim ini berfungsi dengan baik pada PH netral (pH7).

  • Proses menelan makanan

Agar makanan masuk ke dalam saluran pencernaan di dalam rongga perut untuk diproses lebih lanjut, makanan harus ditelan.


Proses menelan terbagi atas :

  1. Gerakan sadar, yaitu gerakan lidah yang menekan makanan ke atas dan mendorong makanan ke belakang kemudian masuk ke dalam kerongkongan.
  2. Gerakan tidak sadar, yaitu gerakan di daerah faring, berupa reflex yang menggerakkan laring ke atas sehingga epiglottis menutup glottis.

2) Kerongkongan (Esophagus)

Kerongkongan merupakan saluran pencernaan yang membentuk seperti selang air, sebagai penghubung antara rongga mulut dan lambung yang terletak di belakang trakea (tenggorokan). Panjang kerongkongan pada manusia lebih kurang 25 cm yang berakhir pada bagian kardiak lambung. Kerongkongan tersusun oleh dua pertiga otot polos dan sepertiga otot lurik. Pada kerongkongan dihasilkan lender yang membantu gerak peristaltik, sehingga makanan terdorong kearah lambung. Akan tetapi, kerongkongan ini tidak menghasilkan enzim pencernaan dan tidak melakukan absorbsi sari makanan.


3) Lambung (ventrikulus)

Lambung pada manusia terletak pada bagian kiri atas rongga perut di bawah diagfragma. Dinding lambung terdiri atas lapisan otot yang tersusun memanjang, melingkar, dan menyerong. Dengan adanya kontraksi otot – otot lambung tesebut, makanan akan teraduk dengan baik menjadi bubur (chyme / kim). Lambung terdiri atas tiga bagian, yaitu kardiak (bagian yang merupakan tempat masuknya kerongkongan), fundus (bagian tengah lambung), dan pilorus (bagian yang berbatasan dengan usus dua belas jari). Lambung juga berperan sebagai kelenjar eksokrin yang menghasilkan enzim pencernaan dan sebagai kelenjar endokrin yang menghasilkan hormon.


Lambung menghasilkan getah lambung yang terdiri atas :

  1. Air dan lender
  2. Ion-ion organik
  3. Asam lambung (HCl)
  4. Enzim-enzim pencernaan (pepsin, rennin dan lipase)

Disamping itu juga lambung menghasilkan asam lambung (HCl), adapun fungsi HCl yang disekresikan oleh lambung, adalah :

  • Asam klorida (HCl)
  • Mengaktifkan kerja enzim
  • Merangsang membuka dan menutupnya katup pada bagian pilorus
  • Merangsang pengeluaran getah usus

4) Hati dan Kandung Empedu

Hati terbagi atas lobus kanan dan lobus kiri. Struktur mikroskopik organ ini terdiri atas lobulus – lobulus berbentuk segi enam yang terdiri atas sel-sel, antara lain :

  1. Menghasilkan protein plasma seperti heparin, fibrinogen dan protrombin,
  2. Pusat metabolisme protein, lemak dan karbohidrat,
  3. Menetraisir racun yang masuk ke dalam tubuh (defoksifikasi),
  4. Tempat menyimpan cadangan makanan seperti glikogen, dan
  5. Menghasilkan cairan empedu

Sumber: https://www.tokoislam.co.id/vandals-full-apk/