Apakah Hacker itu

Apakah Hacker itu

Apakah Hacker itu

Jargon File yang berisikan penjelasan istilah hacker yang terkait erat dengan keahlian teknis dan senang memecahkan masalah serta melampaui batasan yang ada. Jika anda ingin tahu cara menjadi seorang hacker, hanya ada dua hal yang benar-benar relevan.

Perjuangan hacker/cracker tidak akan pernah berhenti, selalu berputar, mulai dari belajar, menerapakan, mengajar dan belajar kembali… dan akan terus seperti itu. Sebagian pendapat (bahkan menurut seorang o’on) mengatakan bahwa, hacker elit adalah hacker yang lebih banyak mengajar atau menjadi produsen ilmu pengetahuan, bahkan menjelaskan bahwa hacker dapat dibagi-bagi menjadi beberapa klasifikasi. Padahal pada kenyataannya tidak demikian, hacker harus bisa menjadi penyeimbang bagi cracker. Tiga entity penting yakni belajar, menerapkan dan mengajar haruslah seimbang. Jangan hanya setelah mencapai titik jenuh (menjadi pengajar) lantas prosentasi belajar dan menerapkan cenderung turun. Padahal, sebagaimana ajaran agama Islam mengatakan bahwa kita di wajibkan untuk menuntut ilmu (laki-laki atau wanita) hingga keliang lahat.

Hacker memiliki cara-cara yang unik dalam setiap teknik penerapan ilmu pengetahuan security nya. Bahkan dia akan mencoba untuk meng-exploitasi sistem semaksimal mungkin demi untuk mendapatkan celah keamanan yang dapat diperbaikinya. Jika ditemukan maka dia akan mempelajarinya sebaik mungkin, kemudian akan dilakukan uji coba, jika berhasil maka dia akan menyebarkan/mengajarkan ilmu pengetahuan tersebut. Nah, ditahap akhir inilah kadang dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mendapatkan pupularitasnya. Tidak segan-segan mereka akan mendapatkan gelar ‘pakar hacker’ atau ‘hacker elit’ dari sebagian komunitas yang menjadi pengagumnya. Caranya adalah mereka akan mempopulerkan jati diri asli mereka dengan menggunakan nama asli mereka atau inisial yang merujuk langsung pada diri pribadinya secara nyata. Jika sudah begini, maka makna hacker sebenarnya sudah hilang. Kenapa demikian? Dikarenakan mereka bukan lagi termasuk komunitas underground (bawah tanah), tapi sudah menjadi komunitas foreground (permukaan tanah). Dikarenakan mereka berasal dari underground yang membaur dengan komunitas foreground, maka jadilah mereka sebagai pahlawan bagi komunitas foreground. Dan yang lebih parah lagi, kebuntuan ilmu pengetahuan tentang dunia underground bagi segelintir media massa menyebabkan perbedaan antara hacker dan cracker menjadi area abu-abu.

Jadi intinya adalah… Seorang Hacker sejati adalah orang yang sangat dikenal, disegani, dan dihormati kehandalannya/kepakarannya dalam sistem teknologi informasi di dunia underground untuk kebaikan, dan secara otomatis yang namanya dunia underground, orang-orang hanya mengetahui inisialnya saja, tanpa diketahuan sedikitpun siapa hacker ini sebenarnya. Mungkin saja di dunia nyata (foreground), dia hanyalah orang biasa-biasa saja, tidak dikenal dan tidak terkenal, bahkan mungkin dianggap sampah tidak berguna bagi segelintir orang.

Sumber : https://apartemenjogja.id/