4 Gangguan Sistem Peredaran Darah

    Home/Pendidikan / 4 Gangguan Sistem Peredaran Darah
4 Gangguan Sistem Peredaran Darah

4 Gangguan Sistem Peredaran Darah

Posted in Pendidikan gjlkc 0

4 Gangguan Sistem Peredaran Darah

Sistem Peredaran Darah

Penyakit Jantung

Gangguan jantung ialah gangguan kerja jantung dalam memompa darah.

Penyebab Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jantung ialah adanya kelebihan kolesterol. Kolesterol yang berlebih akan menyumbat pembuluh nadi sehingga dapat menghambat aliran darah.

Selain kolesterol penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh kegemukan atau obesitas. Tubuh orang gemuk memiliki banyak lemak dan darahnya banyak mengandung kolesterol sehingga rawan penyumbatan pembuluh darah. Oleh sebab itu, kerja jantung menjadi lebih berat dalam memompa darah

Pencegahan Penyakit Jantung

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah  penyakit jantung dengan menjaga agar aliran darah ke jantung cukup, diantaranya :

  1. Menghindari hal-hal yang dapat merusak pembuluh jantung, seperti kolesterol, gula darah yang terlalu tinggi, merokok atau asap rokok.
  2. Menghindari mengkonsumsi obat-obat dan zat-zat yang bisa merusak otot jantung, contohnya : kurare (semacam pelemas otot), sianida dan alkohol (minuman keras).
  3. Melakukan pola makan sehat dan berolahraga secara teratur, serta menghindari stres secara berlebih.
  1. Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Hipotensi merupakan keadaan tekanan darah di bawah normal (tekanan darah sistolik <120 mmHg dan diastolik < 80 mmHg). Pengembalian darah ke jantung berkurang akibat kerja jantung menurun.

  1. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi adalah keadaan dimana tekanan darah melebihi batas normal (tekanan darah sistolik 140-200 mmHg atau lebih, dan diatolik 90-110 mmHg atau lebih). Jantung pada penderita hipertensi bekerja lebih keras bahkan dapat memecahkan pembuluh darah.

  1. Varises

Varises adalah pelebaran pembuluh vena terutama pada bagian kaki dan betis.

Penyebab Varises

Varises disebabkan adanya penyumbatan darah di vena, sehingga vena melebar dan terlihat menonjol.

Varises dapat disebabkan oleh cacat atau kerusakan pada vena sejak lahir, kelebihan berat badan, rusaknya katup vena, berkurangnya elastisitas dinding vena, sering memakai pakaian ketat, terlalu banyak berdiri, kehamilan, sering memakai sepati hak tinggi (highhels) dan merokok.

Pencegahan Varises

Varises dapat dicegah dengan cara jangan terlalu lama berdiri, olahraga secara rutin, konsumsi makanan berserat tinggi sehingga dapat merangsang sirkulasi darah (bawang merah, bawang putih), kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, gorengan dan protein hewani, serta sering duduk dengan melonkorkan kaki.

Penderita varises sebaiknya sering menggerak-gerakan kaki. Varises yang sudah parah, perlu dilakukan operasi.

Sumber : Materi pendamping Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu karyaCV. Difa Pustaka

Baca Juga :  https://www.gurupendidikan.co.id/kingdom-animalia/