#KREDIT MOTOR Baru, DP PALING MURAH: YAMAHA-HONDA-SUZUKI Jakarta-Depok-Tangerang-Bekasi # COD-Jangan-Bayar-Sebelum-Motor-Datang
#KREDIT MULTIGUNA JAMINAN BPKB MOBIL-MOTOR, RATE MULAI 0,83% #Mobil: 2001-UP #Motor: 2009-UP
SMS/TELP 24 Jam, 0896 - 0750 - 2490 Cukup sms, Kami Telpon Balik
SMS: NAMA # KOTA # TYPE-TAHUN - Contoh: FIRMAN # CIRACAS-JAKARTA # SUZUKI-YOUNGSTAR 115-BARU

Syarat Mudah, Proses Cepat, Angsuran Ringan, Leasing Resmi(Tbk.), Aman, dan Terpercaya, #Sabtu-Minggu Tetap Kami Layani

Awas Rem Blong Pasca Lewati Genangan Banjir

Hujan, genangan, bahkan banjir sering menghantui semua pengendara baik mobil maupun sepeda motor di musim hujan. Hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai adalah fungsi rem. Komponen tersebut kerap terendam ketika melewati genangan atau banjir. Bahayanya, kotoran sering menempel pada piringan rem. Akibatnya mengurangi kerja rem karena ada halangan – air, pasir atau partikel lain – antara kampas rem dengan piringan. Efeknya rem tidak berfungsi dengan baik bahkan bisa blong. Jadi jangan langsung percaya pada kerja rem usai melewati genangan.

Langkah antisipasi kondisi tersebut adalah mengaktifkan rem secara periodik dengan memberikan tekanan ringan pada rem. Lakukan beberapa kali sampai rem dirasa sudah berfungsi normal. Sebelum melakukan hal tersebut pastikan jarak dengan mobil depan dan belakang tidak terlalu rapat.

Sampah

Kondisi terburuk usai melintas genangan adalah adanya sampah berupa plastik, kertas, atau tali yang melilit atau tersangkut di sistem rem. Bila hal tersebut terjadi, kecenderungan rem rusak juga besar jika terus dibiarkan berlama-lama.

“Biasanya, jika ada yang tersangkut di sistem rem (cakram atau kaliper), saat melakukan pengereman akan muncul bunyi atau pengereman kurang pakem. Jika dibiarkan akan membahayakan dan merusak sistem rem,” ujar Teddy Jusman, Kepala Bengkel SS Performance.

Dijelaskan, alangkah baiknya setelah melintasi genangan atau banjir (merendam setengah pelek), lakukan pengecekan dengan melihat kondisi rem dari sela-sela pelek. Jika ada sampah yang tersangkut atau menyelip, langsung lepaskan dari tempat tersebut. Jika sulit datang ke bengkel terdekat agar bisa dilepas.

Kondisi paling parah jika ada benda keras yang tersangkut. Jika hal tersebut terjadi ditakutkan bisa merusak rem. Jadi, alangkah baiknya selalu memeriksa kondisi rem usai menerjang genangan atau banjir.

Sumber: otomotif.kompas.com

Yang Mungkin Anda Lewatkan :