#KREDIT MOTOR Baru, DP PALING MURAH: YAMAHA-HONDA-SUZUKI Jakarta-Depok-Tangerang-Bekasi # COD-Jangan-Bayar-Sebelum-Motor-Datang
#KREDIT MULTIGUNA JAMINAN BPKB MOBIL-MOTOR, RATE MULAI 0,83% #Mobil: 2001-UP #Motor: 2009-UP
SMS/TELP 24 Jam, 0898 - 6833 - 076 Cukup sms, Kami Telpon Balik
SMS: NAMA # KOTA # TYPE-TAHUN - Contoh: FATMAWATI # JOGLO-JAKARTA # HONDA-VARIO 150-BARU

Syarat Mudah, Proses Cepat, Angsuran Ringan, Leasing Resmi(Tbk.), Aman, dan Terpercaya, #Sabtu-Minggu Tetap Kami Layani

10 Tips Cara menghemat BBM Mobil dan Motor

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sudah sering terjadi. Ada yang memprotes kebijakan ini, tapi ada juga yang mendukung dan mencari alternatif lain untuk menghemat pengeluaran pembelian BBM.

berikut ini beberapa tips tips dari berbagai sumber, bagaimana caranya supaya BBM yang digunakan agar tidak boros, mengingat harganya cenderung naik.

1. Isi bahan bakar saat pagi atau dini hari
Saat mengisi bahan bakar sebaiknya lakukan pada pagi hari atau dini hari supaya tidak banyak BBM yang menguap karena panas.

2. Pemanasan kendaraan 2-3 menit saja

Sebelum berkendara, sebaiknya kendaraan dipanaskan 2 sampai 3 menit saja jangan terlalu lama agar tidak banyak bahan bakar yang terbuang percuma. Apalagi jika Anda pengguna motor matic, tidak perlu memaksakan mesin terlalu lama karena pada dasarnya sama saja dengan membuang bahan bakar.

Kebiasaan memanaskan mesin ini memang sudah tradisi, padahal sebenarnya untuk mesin-mesin keluaran terbaru yang sudah berposisi rebah, mesin tidak perlu dipanaskan terlalu lama.

Tujuan memanaskan mesin yang biasa dilakukan sebenarnya adalah untuk mengalirkan oli, karena menggunakan mesin dengan bentuk tegak. Sehingga dengan mesin rebah, pemanasan mesin tak perlu dilakukan terlalu lama. Jika ingin dipanaskan, rentang waktu 3 menit dirasa sudah cukup.

3. mengatur gas secara halus dan tidak naik-turun secara spontan

Maksud dari mengemudi dengan halus ini bukan berarti seperti menari Gambyong, melainkan dengan berbagai cara. Yaitu, Mengatur kecepatan saat berkendaraan. Cara ini diyakini bisa lebih menghemat penggunaan BBM, karena tak banyak bensin yang dihabiskan saat Anda menginjak rem dan mengembalikan kecepatan. Mengganti gigi ke yang lebih tinggi juga akan lebih menguras oli mesin.

Sebaiknya jangan terlalu dalam menginjak gas atau memutar gagang gas, hindari sering membuat suara nyaring. Jika terlalu sering menggeber gas dengan tiba-tiba misalnya, atau dalam irama yang tidak teratur, maka aliran bahan bakar akan semakin boros. Sebaiknya, ikuti irama mesin dan tarik tuas gas dengan perlahan jika ingin meningkatkan kecepatan. Bukan dengan cara menyentaknya untuk mencapai kecepatan tinggi.

4. Ganti jenis bahan bakar kendaraan
Khusus kendaraan yang berbahan bakar bensin, sebagian masyarakat memilih beralih ke BBM non-subsidi Pertamax. Pilihan ini didasarkan pada perbedaan yang tidak jauh antara BBM subsidi Premium dengan Pertamax.

“Saya lebih milih pertamax harganya beda tipis, cuma beda Rp1700. Kualitasnya lebih bagus,” ujar salah satu konsumen Pertamax Dwi Saputra yang dikutip OkeZone di SPBU Cipayung, Citayam, Depok Selasa (18/11/2014)

Sementara itu, menurut keterangan pegawai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) 34.16420 Cipayung, Citayam, Depok Mahyudin konsumen memang lebih banyak memilih pertamax sejak kenaikan harga bbm jenis premiun dan solar.

5. Gunakan ban yang hemat energi
Ini khusus untuk pengguna mobil. Diketahui, saat produsen mobil memproduksi kendaraan hemat energi, memperbaiki jenis ban menjadi perhatian utama. Ban-ban mobil tersebut memiliki ketahanan gesekan akibat perputarannya, dengan begitu, ban akan berputar lebih mudah dan mampu mengurangi jumlah pemakaian BBM.

Dan saat Anda menyadari bahwa 20% dari konsumsi BBM kendaraan Anda habis karena putaran bannya, maka gantilah dengan ban-ban lain yang hanya menghabiskan 3% dari seluruh konsumsi BBM kendaraan Anda.

6. Jangan aktifkan fasilitas yang tidak perlu
Biasanya pemakaian AC (Air Conditioner), musik, TV, radio, DVD dan lain-lain turut serta dalam mengurangi bahan bakar minyak yang ada. Untuk itu selama berkendara jangan banyak menggunakan fasilitas yang butuh energi dari BBM. Berangkat bepergian sebaiknya saat malam hari atau subuh agar tidak perlu memakai AC atau dipaksakan buka jendela agar tidak perlu menyalakan AC.

Bila udara tidak terlalu panas atau Anda sedang menunggu seseorang di mobil, sebaiknya matikan saja mesin pendingin.

7. Pakailah alat tambahan penghemat BBM
Saat ini ada zat additive (tambahan) untuk kendaraan anda agar bisa lebih hemat bahan bakar. Tidak ada salahnya dicoba jika sudah banyak orang lain yang pakai dan berhasil. Ada juga yang bentuk perangkat tambahan untuk membantu pembakaran agar lebih efisien.

8. Rawatlah kendaraan Anda
Memeriksa dan merawat kendaraan Anda secara rutin bisa menghemat pengeluaran Anda. Perawatan mesin setiap minggu dapat menghemat jumlah BBM pada kendaraan Anda. Pastikan tak ada kebocoran pada tangki, pompa, dan pipa saluran BBM. Periksa juga sambungan las, karet pencegah kebocoran (seal), dan baut yang ada.

Jika digunakan dalam jangka beberapa waktu, kemudian motor mengalami penurunan performa, anda bisa melakukan pengecekan di bengkel terpercaya. Tarikan mesin dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kinerja dari karburator. Sumbatan pada karburator atau gangguan terhadap komponen lainnya bisa menyebabkan bahan bakar terbuang sia-sia, dan tenaga motor drop.

9. Perhatikan beban kendaraan

Semakin berat beban yang dibawa, maka dibutuhkan bukaan gas yang lebih besar pula. Sehingga konsumsi bahan bakar pun akan lebih besar. Jadi, bijak dalam membawa barang bawaan juga bisa membantu menghemat bahan bakar, apalagi untuk motor matic.

10. Hindari mematikan mesin saat jalan menurun

Saking hematnya sering kali bagi pengendara yang awam tentang mesin memilih mematikan mesin motor saat melewati jalan menurun. Ini diyakini menjadi salah satu cara hemat BBM. Namun, cara ini sebenarnya sangat berbahaya dan rentan terjadi kecelakaan karena bisa menyebabkan selip saat ngerem mendadak. Memang cara ini termasuk bisa menghemat BBM, tapi bisa saja selesai turun Anda mencium aroma bakaran yang ternyata kampas rem motor Anda yang cepat terkikis. Inginnya hemat BBM tapi boros ampas rem, kan ya sama saja.

sumber: simomot.com

Yang Mungkin Anda Lewatkan :